Trending

Ramai dijual, dokter tak anjurkan balita pakai masker: picu bahaya serius

Menghadapi gaya hidup new normal yang diusung pemerintah, membuat aktivitas menggunakan masker saat bepergian merupakan hal yang wajib untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Tak cuma orang dewasa, anak-anak terutama yang bersiap masuk sekolah juga dianjurkan untuk menggunakan masker setiap saat. Namun baru-baru ini seorang pakar medis tidak menganjurkan balita, terutama yang berusia di bawah 3 tahun untuk menggunakan masker.

Baca juga: Tiga pelajar China tewas gara-gara gunakan masker saat lakukan ini

Orangtua diperingatkan untuk tidak mengenakan masker pada bayi di bawah 3 tahun karena dikhawatirkan bisa memicu terhambatnya pasokan oksigen sehingga bisa memicu kematian.

Dilansir laman daily star, bayi dan balita berisiko menderita kesulitan bernapas jika hidung dan mulut mereka tertutup karena bayi memiliki saluran udara yang sempit, ujar para dokter di Asosiasi Pediatrik Jepang.

Berjuang untuk bernapas dapat memberi tekanan pada jantung bayi dan juga meningkatkan risiko serangan jantung, yang dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala.

Di sisi lain, tidak ada kebutuhan bagi anak-anak yang sangat muda untuk memakai topeng pelindung karena peluang mereka untuk tertular Covid-19 sangat rendah.

Masker saat wabah
Masker saat wabah. Foto Pixabay/iira116

Hanya ada beberapa kasus virus corona yang sangat serius di antara bayi dan balita, dan sebagian besar anak-anak dengan penyakit ini telah menangkapnya dari anggota keluarga daripada siapa pun di luar rumah tangga mereka.

Pedoman baru-baru ini tentang masker wajah dari Pemerintah Inggris secara eksplisit mengatakan anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker, apalagi balita akan kesulitan untuk mengenakannya dengan benar.

“Masker tidak boleh digunakan oleh anak-anak di bawah usia 3 tahun, atau mereka yang mungkin merasa sulit untuk mengelolanya dengan benar, misalnya, anak-anak usia primer tanpa bantuan, atau mereka yang memiliki kondisi pernapasan.”

Masker wajah untuk anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa sekarang didorong di “ruang publik tertutup”, seperti toko dan angkutan umum.

Pakar medis Amerika juga memperingatkan agar anak-anak di bawah dua tahun tidak memakai masker.

Seperti halnya risiko mati lemas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan bahwa anak-anak cenderung sering menyentuh wajah mereka sendiri, yang tidak hanya meniadakan titik masker tetapi sebenarnya dapat meningkatkan risiko infeksi jika ada residu virus di bagian luar topeng.

Terlepas dari peringatan resmi ini, situs-situs di website seperti Etsy dan Amazon penuh dengan penjual masker untuk balita. Masker anak hanya mengedepankan desain dan pola saja tanpa memikirkan unsur keselamatan.

Bahkan Disney menjual sendiri masker wajah untuk anak-anak yang menampilkan karakter dari film-film paling populer di studio dan tersedia dalam ukuran kecil, sedang atau besar. Situs web tidak menyebut apakah ukuran terkecil ditujukan untuk bayi atau balita.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close