Hobi

Gawat 40 rantis Maung geruduk Kemenhan, Pindad: itu belum 500 unit

Puluhan kendaraan taktis (rantis) Maung buatan PT Pindad geruduk Kementerian Pertahaan. Sebanyak 40 unit mobil taktis Maung Pindad berwarna hijau bahkan sampai di halaman Kemhan yang saat ini dipunggawai Menhan Prabowo Subianto.

Meski tidak ada huru-hara puluhan kendaraan tersebut, rupanya akan diserahkan Menhan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa. Secara simbolis Menhan Prabowo Subianto menyerahkan kunci rantis Maung kepada Andika Prakasa di halaman Kemhan pada Rabu 13 Januari 2021.

Saat penyerahan seperti dikutip keterangan resmi Pindad, disaksikan beberapa pejabat TNI mulai dari Kepala Staf TNI AU, Kepala Staf AL serta pejabat tinggi lainnya. Penyerahan ini merupakan tahap pertama dari total pesanan kendaraan taktis yang dipesan Kemhan.

Menhan serahkan rantis Maung
Rantis Maung diserahkan Menhan Prabowo Subianto kepada Kasad Andika Prakasa Foto: PIndad

PT Pindad saat ini masih terus memproduksi Maung secara bertahap untuk memenuhi permintaan Kemhan sebanayk 500 unit. Armada taktis ini akan digunakan TNI untuk memperkuat tugas dan fungsionalitas TNI di seluruh Indonesia.

Prabowo uji jalan rantis Maung

Sebelumnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sempat viral saat menjajal kendaraan taktis buatan anak bangsa melalui PT Pindad. Ketertarikan Prabowo kepada produk Pindad di tengah gencarnya Menteri Pertahanan memperkuat alutsista sebagai kekuatannya.

Rantis maung
Puluhan Rantis Maung geruduk kantor Mehan Foto: Pindad

Salah satu tujuannya yakni dengan melirik produk alutsista buatan PT Pindad. Secara langsung Prabowo menjajal ketangguhan Maung di fasilitas produksinya, setelah mengetahui kehebatan mobil ini, Prabowo langsung memesan 500 unit Maung.

Spesifikasi Maung Pindad

Maung merupakan kendaraan taktis buatan Pindad, yang dirancang dengan empat tipe sesuai kebutuhan mulai dari kendaraan logistic hingga kemampuan tempur jarak dekat, yang menjadi pesanan dari Menhan.

Pindad membuat rantis Maung sesuai dengan pesanan, dimana mobil bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen. Mengingat Pindad tak melulu memenuhi kebutuhan kendaraan tempur saja.

Rantis Maung sendiri, belakangan diketahui memiliki model untuk masyarakat sipil. Layaknya kendaraan jeep asal Amerika, tampilan Maung tak kalah gagah dan kokoh untuk melibas dua medan aspal maupun  semi offroad.

Mobil Pindad Maung
Mobil Pindad Maung Foto: Doc Pindad

Terkait kemampuan mobil Maung ini,  dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.500 Cc dengan turbo. Seluruh tenaga disalurkan menggunakan transmisi manual 6 percepatan dengan sistem penggerak 4×4.

Dengan spesifikasi mesin yang digunakan di Maung, diperkirakan Pindad menggunakan mesin milik Toyota Hilux. Pindad juga mengungkap soal perawatan jika Maung di jual umum, bisa menggunakan jaringan bengkel resmi Toyota.

Untuk versi militernya Maung Pindad bisa dilengkapi beberapa senjata tempur persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS Navigasi dan tracker kendaraan tempur lainnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close