Fit

Ratu Elizabeth bangkrut, 3 bulan lockdown kerugian capai 292 miliar

Selama menjalani pandemi corona, banyak yang terdampak krisis keuangan, begitu juga yang dialami Ratu Elizabeth. Meskipun memiliki jumlah kekayaan yang fantastis, namun sebuah laporan menyebutkan Ratu Elizabeth kini sedang krisis keuangan.

Dilansir laman dailymail, nenek dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini betul-betul terdampak pandemi corona. Sektor pariwisata disebut-sebut sebagai salah satu pemicu menurunnya pemasukan istana.

Baca juga: Raja paling kaya sedunia, hartanya 80X lipat dari Ratu Elizabeth II

Hal itu juga diungkapkan oleh Lizzie Robinson dan Chris Ship di siaran podcast, Royal Rota. Mereka menyebut bahwa tidak ada yang mengunjungi istana selama beberapa bulan terakhir, itu artinya ada penurunan serius dalam yang akhirnya mengandalkan pendapatan raja dan keluarganya yang lain.

“Kita semua dipengaruhi oleh semua yang terjadi di dunia, dan ini hanya menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun, bahkan keluarga kerajaan, yang kebal. Dilaporkan, dampak finansial sudah mencapai miliaran,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Kerugian karena minimnya wisatawan yang datang ke kerajaan Inggris ditaksir mencapai £18 juta pound atau kurang lebih Rp292 miliar.

Itu artinya pendapatan dari wisatawan yang masuk ke kerajaan yang mengunjungi Istana Buckingham, Kastil Windsor, Istana Rumah Hollyrood, dan Rumah Clarence cukup besar.

Terlebih di beberapa area istana mempertontonkan koleksi kerajaan, sehingga kerajaan mendapat benefit yang cukup besar setiap bulan.

Pangeran Charles
Pangeran Charles. Photo: Instagram

Di sisi lain, Robinson juga menjabarkan bahwa keluarga kerajaan meraup untung dari 3,2 juta wisatawan yang datang tahun lalu dari situ ratu Elizabeth mendapatkan lebih dari 72 juta pound (hampir 89 juta dolar AS atau 1,3 triliun) hanya dari kunjungan wisatawan.

Apalagi menimbang masa pandemi yang tak kunjung berakhir, apalagi ketika orang akan merasa aman untuk bepergian dan berkumpul dalam kelompok besar lagi, sulit untuk mengatakan berapa banyak uang yang bisa dipertaruhkan di sini.

Meski keuangan ratu Elizabeth porak poranda namun saat ini istana tampaknya lebih mengkhawatirkan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga.

Kate Middleton-Pangeran William
Kate Middleton-Pangeran William. Photo: Instagram @Kensingtonroyal

“Seluruh negara sangat mungkin terkena dampak finansial oleh virus korona dan Rumah Tangga Kerajaan tidak terkecuali. Namun, waktu untuk mengatasi masalah ini adalah ketika dampak penuh dari semua implikasi dari situasi saat ini lebih jelas. Saat ini Perhatian Rumah Tangga Kerajaan adalah memastikannya mengikuti semua pedoman dan mendukung upaya nasional dalam memerangi COVID-19,” Kata seorang juru bicara Istana Buckingham.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close