Trending

Geger kapal siluman China terekam ngumpet di balik kapal Feri, gerakan sabotase perairan?

Sebuah rekaman mendadak geger di jagat media sosial lantaran beredar potret kapal selam siluman China mengendap-endap di balik kapal jenis Feri.

Fenomena yang menghebohkan dunia militer internasional terkait rekaman video tersebut lantaran kapal selam siluman garapan China tersebut belum pernah muncul sama sekali, bahkan informasinya sendiri juga masih sangat minim.

Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, kapal selam siluman milik marinir China itu sangat mirip dengan tipe 039 yang baru saja diproduksi beberapa waktu lalu.

Walaupun terekam dan muncul di sebuah perairan, tidak diketahui lebih lanjut di mana lokasinya.

Geger rekaman kapal siluman China ngumpet di balik kapal Feri. Foto: Ist
Geger rekaman kapal siluman China ngumpet di balik kapal Feri. Foto: Ist

Berdasarkan keterangan tertulis seorang Analis Pertahanan Kapal Selam, rekaman itu menunjukkan kapal selam China keluaran terbaru sejenis Type-039A ‘Yuan’.

Kegegeran militer dunia terkait rekaman video itu bukan tanpa sebab. Seperti diketahui kapal selam yang terekam itu belum pernah muncul sama sekali dan identitasnya juga belum bisa dipastikan dengan jelas.

“Kapal selam milik militer China itu terekam muncul di sebuah perairan yang tidak diketahui lokasinya. Kapal selam ini mirip dengan kapal selam tipe 039 kelas song yang pernah diproduksi China sebelumnya,” tulisnya dikutip Hops pada Senin, 21 Juni 2021.

Terlihat dalam video yang beredar, kapal selam misterius itu seperti sedang dipindahkan melalui sungai.

Kemungkinan besar kapal selam siluman andalan Angkatan Laut (AL) China itu bakal dibawa ke lokasi peluncuran kapal selam yang terdapat di wuhan.

Pihkanya memprediksi, Kapal Selam kelas Yuan tipe 039 itu bakal dipindahkan ke hilir untuk digarap dan melakukan serangkaian uji coba.

Kapal Selam China di galangan kapal. Foto: Twitter
Kapal Selam China di galangan kapal. Foto: Twitter

Pengamat kapal selam itu juga memprediksi, bakal ada sistem komunikasi canggih yang disematkan dengan memanfaatkan sonar.

“Pemikiran saya saat ini adalah bahwa desain layar baru kemungkinan besar berhubungan dengan sonar atau sistem komunikasi. Kurang jelas dari layar baru, tampaknya juga ada sonar array ditarik kawat tipis (TAS) di kemudi atas, peningkatan besar,” tuturnya.

Kapal selam yang masih misterius ini diduga kuat memiliki kemampuan siluman yang jauh lebih baik dari kapal-kapal selam bertenaga nuklir yang ada saat ini. Hal itu lantaran kapal selam China tipe terbaru 039 ini nyaris tak mengeluarkan suara.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, memang beredar ada kabar tentang upaya militer China untuk mengembangkan kapal selam tipe 39 menjadi 039C dan 039D.

Sesuai rencana dan rumor yang beredar, kapal selam baru itu akan aktif melayani militer China pada tahun 2030 mendatang.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close