Trending

Resah Joe Biden hampir menang, Donald Trump Jr serukan perang total

Calon presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden menyatakan kalau hampir pasti dia akan menang dalam kontestasi Pemilu. Dia menyebut dirinya akan diumumkan sebagai pemenang atas seterunya dari Partai Republik Donald Trump.

Walau demikian, Joe Biden tetap meminta agar masyarakat AS sabar menanti pengumuman resmi dari KPU AS. Hal itu disampaikan Biden di kampung halamannya, di Wilmington, Delaware, disitat Reuters, Jumat 6 November 2020.

“Kami terus merasa sangat senang dengan keadaan. Kami tidak ragu bahwa ketika penghitungan selesai, Senator (Kamala) Harris dan saya akan dinyatakan sebagai pemenang,” kata Biden.

Dalam catatan redaksi, dari hasil perhitungan, Joe Biden unggul jauh atas Trump dalam perebutan 270 electoral votes yang akan menempatkan salah satu dari mereka sebagai pe-menang pilpres Amerika.

Wakil Presiden Joe Biden
Wakil Presiden Joe Biden Foto: NYPost

Hingga Jumat siang, Biden meraih 264 electoral votes atau butuh enam electoral votes lagi. Sementara Trump meraih 214 electoral votes. Sayang, penghitungan suara di lima negara bagian ditunda yang membuat Pilpres Amerika menjadi tidak pasti tentang siapa pemenangnya.

Joe Biden aura menang, Trump ngaku dicurangi

Di satu sisi, Donald Trump kembali menyatakan bahwa Partai Demokrat terus melakukan kecurangan dalam Pemilu AS. Berbicara di hadapan awak media di gedung putih, Trump mengatakan kecurangan dalam Pemilu AS terus terjadi dalam penghitungan suara.

Hal itu dia sampaikan meski pejabat federal belum menemukan fakta adanya kecurangan yang dimaksud Trump. Disitat CNBC, ini bukan kali pertama Trump menuding adanya indikasi kecurangan dalam Pemilu di Negeri Paman Sam.

Sebab sebelumnya, melalui akun Twitter-nya, ia mencuit untuk menghentikan proses penghitungan suara, karena adanya kecurangan dalam proses rekapitulasi. “Kami ingin pemilu yang jujur. Kami ingin penghitungan yang jujur. Kami ingin orang-orang jujur bekerja di sana, karena itu pekerjaan yang sangat penting,” kata dia.

Dia heran, apakah dengan cara ini Joe Biden akan menang? Atau begitukah cara Amerika memenangkan salah satu dari mereka. Sebab, Trump sendiri sebelumnya sangat percaya diri akan menang mudah atas rivalnya itu.

“Kami rasa kami akan memenangkan pemilu dengan sangat mudah. Kami pikir akan ada banyak proses pengadilan, karena kami memiliki begitu banyak bukti. Mungkin hal ini akan berakhir di pengadilan tertinggi di negara ini. Kita lihat saja nanti.”

Presiden AS Donald Trump. Foto: CNP-Mega
Presiden AS Donald Trump. Foto: CNP-Mega

“Saya telah mengatakan dengan tegas bahwa surat suara via pos, akan berakhir bencana,” kata dia lagi.

Donald Trump Jr serukan perang total

Di satu sisi, di tengah kecemasan publik Amerika akan hasil pilpres yang tak pasti, putra Donald Trump; Donald Trump Jr, melalui Twitter menyerukan ayahnya untuk melakukan ‘perang total atas pilpres’.

Apa yang disampaikan putra Donald Trump itu seolah menjelaskan harapan ayahnya yang semakin menipis untuk tetap berkuasa di Gedung Putih, lantaran potensi Joe Biden menang kian besar.

Seruan lewat Twitter yang ambigu ini muncul di tengah kepanikan kubu Trump dengan ketidakpastian hasil pilpres dengan terhentinya penghitungan suara di lima negara bagian.

Twitter dengan cepat menyembunyikan tweet provokatif tersebut dari pandangan publik dengan alasan menyebarkan informasi palsu tentang pemilu Amerika.

“Hal terbaik untuk masa depan Amerika adalah @realDonaldTrump melakukan perang total atas pemilihan ini, untuk mengungkap semua penipuan, kecurangan, mati atau tidak lagi di pemilih negara bagian, yang telah berlangsung terlalu lama,” tulis Trump Jr di Twitter, mengulangi beberapa teori konspirasi tentang pemilu dan menyerukan orang Amerika untuk berperang satu sama lain.

“Saatnya membereskan kekacauan ini dan berhenti terlihat seperti republik pisang!” lanjut dia, seperti disitat New York Post, Jumat 6 November 2020.

Twitter kemudian menandai tweet Trump Jr beberapa menit setelah diposting karena melanggar dianggap kebijakan integritas sipil.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close