Fit

Resep: Cloud bread roti awan yang viral di TikTok, simpel cuma 3 bahan

Banyak hal baru yang bisa dicoba di TikTok, salah satunya resep masak yang mudah diaplikasikan. Yang terbaru adalah Cloud bread roti awan yang viral di TikTok.

Jika sebelumnya kamu gandrung dengan Korean garlic bread, kini kamu harus mencoba resep Cloud bread roti awan yang simple banget.

Baca juga: Asal muasal Cloud Bread yang lagi viral di TikTok: Ternyata roti untuk diet

Punya tekstur lembut dan mengembang seperti awan, roti ini punya rasa simple dan belakangan jadi tren di kalangan Tiktokers Indonesia.

Bukan cuma bentuknya yang unik, roti ini juga dibuat dari bahan-bahan sederhana dan minim. Dilansir laman the Kichn, Cloud bread ternyata bukanlah barang baru di dunia kuliner. Roti ini sudah banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang berdiet.

Cloud bread roti awan
Cloud bread roti awan Photo: Youtibe Agus Cuguy

Yup, Cloud Bread sejak lama jadi alternatif bagi para pelaku diet keto untuk dijadikan pengganti roti. Banyak yang mengatakan juga jika roti ini mirip dengan Meringue, yaitu kukis dengan bahan dasar yang sama. Hanya saja tekstur roti lebih lembut karena ada tambahan tepung di dalamnya.

Aslinya, roti ini Aslinya, Cloud bread dibuat dari telur, cream cheese, baking powder, dan aneka perasa tambahan. Namun di Indonesia banyak yang berkreasi dengan hanya menggunakan 3 bahan saja. nah, gimana cara bikinnya? Dilansir dari laman youtube Agus Cuguy, berikut ini resep gampang dan ekonomis bikin Cloud bread yang enak da cuma 3 bahan.

Bahan-bahannya:

3 butir telur ayam
1 Sdm tepung maizena
1 Sdm gula pasir

Pelengkap:

1 Sdt Perisa vanila
1 Tetes pewarna makanan

Cara memasak:

Pertama, pisahkan telur ayam kuning dan putihnya. Ambil putihnya saja ya.

Kedua, masukan gula pasir dan mixer hingga mengembang berjejak dan padat. Teknik mixer ini wajib sampai mengembang ya, karena tekstur inilah yang membuat hasil roti akan mengembang seperti awan.

Ketiga, masukan maizena dan perisa vanila lalu aduk kembali dengan mixer hingga mengembang. Perisa ini optional, bisa diganti dengan rasa apapun, atau hanya plain. Perisa ini baik untuk menghilangkan bau amis telur.

Keempat, setelah semua mengembang pisahkan adonan tersebut menjadi 2. Satu adonan teteskan pewarna dan aduk rata.

Kelima, siapkan loyang lebar dan sendok adonan dan taruh di atasnya. Tambahkan adonan putih, random saja tak perlu ditata, agar hasilnya menyerupai awan sungguhan.

Keenam, panggang dalam oven selama 20 menit dalam api sedang hingga matang. Kamu bisa letakkan oven di bagian tengah agar merata.

Jika kamu masih penasara, untuk lengkapnya bisa saksikan video di bawah ini ya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close