Lifestyle

Resep kue jadul pakai rumus matematika, netizen: Chef Juna nangis

Buat kamu yang hobi baking, pasti paham pentingnya mengukur bahan-bahan pembuat kue. Salah satu trik sukses bikin kue adalah bahan-bahannya ditakar dengan pas. Makanya, penting untuk melihat resep kue dan mengikuti step by step prosesnya.

Tapi, apa jadinya kalau resep kue dibuat dengan rumus matematika yang terlihat njelimet? Hal ini dibagikan oleh warga Twitter dengan akun @nixapasih. Dia mamamerkan resep zaman dulu untuk membuat kue. Lembaran resep itu sudah berwarna kekuningan dan lusuh. “Nyokap dulu pas sd les bikin kue trs ini buku les nya, and look what i found,” cuit @nixpasih dikutip dari akun Instagram @lambeturah.

Baca juga: Ernest sindir giveaway palsu, netizen ungkap 3 artis yang anti tipu-tipu

Buat yang jago matematika

Bikin kue berasa kayak lagi ujian matematika kalau memakai resep itu. Dalam lembaran resep kue, tertulis judul ‘Rumus-rumus Bahan Bolu’. Si penulis mengakui kalau resep yang tercantum mungkin asing bagi pembaca atau ahli pembuat kue.

Pasalnya, rumus itu merupakan ciptaan mereka sendiri untuk mengukur bahan-bahan yang diperlukan. Rumus ala matematika ini bisa dipakai untuk mengukur banyaknya telur, terigu dan gula pasir untuk membuat kue bolu.

Jadi apabila kita hendak membuat bolu yang bermacam-macam bentuk dan besar, itu bisa ditentukan bahan di atas apabila memakai rumus seperti di bawah ini. x=3/4 TL + (H20 X G) = x.

Penjelasannya, x adalah bahan-bahan. 3/4 TL merupakan Tinggi Loyang, H20 untuk air, sedangkan G adalah gelas untuk mengukur air. Hasil hitungan nantinya bisa diterapkan untuk jumlah telur, gula dan terigu.

Supaya lebih mudah dipahami, tercantum contoh soal ukuran bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue dengan loyang setinggi 6 cm.

Contoh gampang menurut resep adalah jika 3/4 tinggi loyang bisa diisi oleh 3 gelas air, maka dibutuhkan 3 butir telur. Nah, telur kemudian bisa dijadikan acuan untuk menimbang tepung dan gula. Di mana 1 butir telur butuh 3/4 gelas gula serta tepung terigu 3/4 gelas. 

Memanggang kue alias baking.
Memanggang kue alias baking. Foto: Pixabay

Netizen: Chef Juna nangis

Lazimnya ukuran di resep menggunakan satuan seperti liter atau gram. Tapi resep bolu zaman baheula ini malah memakai rumus matematika.

Hal yang enggak biasa itu memancing komentar netizen. Beberapa menebak kalau pencipta rumusnya seorang fisikawan atau guru matematika. “Ketika lo koki tapi gelarnya fisika murni.” “Chef nya guru matematika.

Jiwa bakingku bertanya tanya. ini mo bikin kue apa mo bangun apartemen,” kata seorang netizen. “Itu bolu yang diciptakan sama Albert Einstein,” saut yang lain. Sementara seorang lagi menyinggung salah satu chef ternama Indonesia, “Chef Juna menangis lihat ini.”

Tapi enggak sedikit netizen yang malah penasaran dan menganggap sebenarnya rumus tersebut mudah. “Kelihatannya aja susah, pdhal rumusnya sederhana, sangat bermanfaat agar mendapatkan takaran yang sangat tepat.” “Semangat baca lagi ampe teliti. itu rahasia berabad2 yg gk diketahui byk chef.mumpung dibocorin.”

Kalau kamu, mau coba bikin kue sambil asah skill matematika dengan rumus kue bolu di atas?

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close