Lifestyle

Resep nasi kebuli kambing untuk pemula: Praktis, dengan bahan ekonomis

Hari Raya Idul Adha identik dengan sajian daging kurban. Biasanya olahan sapi dan kambing jadi menu andalan di Hari Raya kurban ini.

Dari sekian banyak menu olahan kambing dan sapi, menu resep nasi kebuli juga banyak digandrungi lho, namun karena pembuatannya yang cukup rumit biasanya banyak orang enggan membuatnya.

Baca juga: 3 Resep olahan daging maknyus untuk Idul Adha, ada bakso kambing

Padahal sudah banyak lho resep nasi kebuli yang praktis untuk pemula, mudah dibuat, dengan bumbu ekonomis yang ada di rumah. Penasaran bagaimana membuat nasi kebuli? Berikut ini resep nasi kebuli praktis dan mudah, dilansir laman youtube Dapur Mas Brewok, berikut ini tahapannya.

Bahan-bahan

Haluskan,
7 Siung bawang merah
5 Siung bawang putih
1 ruas jari jahe
1 buah bawang bombay
3 buah tomat merah segar

4 Sdm margarin
10 Sdm minyak goreng
2 Batang Serai
3 Lembar daun salam
2 Helai daun koja atau daun kari
2 Buah cabe hijau besar
1 Sdt cengkeh
1 Sdt kapulaga
1 Sdt bubuk ketumbar
1 Sdt bubuk jinten
1 Sdm bubuk lada
1 Sdt bubuk kayumanis
1 Sdm garam
1 Sdm gula pasir
1 Sdm kaldu bubuk
100 Ml susu cair UHT full cream
100 Ml santan kental
500 gram daging sapi/kambing
1/2 Liter beras.

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli Photo: Istimewa

Cara membuat:

1. Siapkan 2 sdm margarin, tambahkan 10 sdm minyak goreng panaskan hingga meleleh. Kemudian masukan bumbu halus, tumis dengan serai, daun salam, daun koja atau kari, cabe hijau besar, cengkeh dan kapulaga. Aduk sampai berubah warna.

2. Setelah wangi masukan bubuk ketumbar, 2 sdt jinten, dan 1 sdm lada, 1 sdt bubuk kayu manis. Jika sudah wangi, masukan daging sapi (lebih bagus ada bagian tulang atau iga agar ada kaldu alami dari kambing dan sapi).

3. Tambahkan 1 liter air, 1 sdm garam, 1 sdm gula dan kaldi sapi. Tutup 5 menit, kemudian masukan santan kental, dan susu.

4. Sementara menunggu bumbu agak mengental, cuci beras dan kukus. Tujuannya agar agar cepat matang, karena nasi kebuli membutuhkan waktu yang lama agar tanak. Kukus 10-15 menit.

5. Setelah beras tanak dan bumbu mengental, masuk ke proses aron. Pindahkan beras ke dalam wadah dan tuangkan pelan-pelan bumbu. Lakukan keduanya saat masih panas. Jangan sampai kering, harus lembap supaya ketika dikukus akan tanak dan juicy.

6. Setelah bercampur kemudian kukus kembali hingga 1 jam. Setelah matang, campurkan dengan 2 sdm margarin dan 1 sdt bubuk kapulaga agar nasi lembut beraroma. Aduk-aduk agar tidak lengket. Taburkan bawang goreng dan kembali diaduk.

7. Ambil daging yang tadi ikut dimasak. Ini optional, sebetunya daging tadi bisa langsung dimakan, namun akan lebih nikmat jika dibakar terlebih dahulu. Bisa juga dibalut dengan kecap dan jeruk limau saat dibakar. Nasi kebuli siap dihidangkan bersama acar timun dan kerupuk. Selamat mencoba.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close