Trending

Tanggapi Letjen Dudung, MUI: Tetap yang benar agama saya!

Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI, KH Cholil Nafis tak setuju dengan pernyataan Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman yang menyebut semua agama besar di Indonesia sejatinya benar, lantaran sama-sama mengajarkan kebaikan.

Sebab, menurut Cholil, menurut kepercayaannya, hanya Islam satu-satunya agama yang benar dan bersumber dari Tuhan.

“Bagi kami umat Islam yang benar adalah hanya agama Islam. Kita wajib meyakininya agar iman menancap di hati,” ujar Cholil Nafis melalui keterangannya, dikutip Rabu 15 September 2021.

Pangkostrad Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: Ist
Pangkostrad Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: Ist

Lebih jauh, Cholil menambahkan, dalam kehidupan sosial berbangsa dan bernegara kita dituntut harus bertoleransi kepada seluruh umat beragama. Itulah mengapa, dia menduga, konsep ‘semua agama benar’ yang disampaikan Letjen Dudung mungkin mengarah ke pengertian tersebut.

“Tapi dalam keyakinannya masing-masing pemeluk agama tetap yang benar hanya agama saya (Islam). Nah, dalam bingkai NKRI kita tak boleh menyalahkan agama lain, apalagi menodai,” tegasnya.

Pengasuh Ponpes Cendekia Amanah tersebut juga menjelaskan bagaimana cara menyikapi toleransi di Indonesia. Salah satunya, kata dia, jangan pernah membenturkan sesuatu yang memang tidak sama.

“Yang sama jangan dibeda-bedakan apalagi dipertentangkan dan yang memang beda jangan disama-samakan. Namun, kita tetap harus saling memaklumi dan menghargai. Begitulah makna toleransi yang saya pahami,” terangnya.

Bilang semua agama benar, Letjen Dudung dituding sesat

Politisi Partai Ummat, MS Kaban mengatakan, pernyataan Dudung telah melampaui batas. Bahkan, menurutnya, kalimat yang dia sampaikan mengandung unsur kesesatan.

“Omongan semua agama sama di hadapan Tuhan sangat menyesatkan,” tuturnya.

MS Kaban
MS Kaban. Foto Instagram @adamfawara1

Bukan hanya itu, MS Kaban sampai menantang Dudung membuktikan pernyataannya melalui berbagai kitab suci. Bahkan, jika memang yakin dengan perkataannya, MS Kaban siap menantangnya berdebat.

“Silakan buka semua kitab suci, tunjukkan dalil yang mengatakan semua agama sama di hadapan Tuhan. Siap debat?” kata dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close