Hobi

Ribuan buruh mendadak tajir, usut punya usut ternyata karena ini

Ribuan buruh mendapat sorotan karena mendadak tajir setelah mendapat mobil baru yang diberikan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Pemberian mobil tersebut dilakukan perusahaan, sebagai bentuk apresiasi dari keuntungan yang didapatkan perusahaan yang telah mendapatkan keuntungan selama lima tahun yang telah diraih perusahaan.

Baca juga: Sekelas Puan Maharani ternyata punya koleksi VW Karmann Ghia klasik

Keuntungan tersebut dinilai perusahaan sebagai salah satu kontribusi dan kinerja maksimal dari para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Karenanya perusahaan menyiapkan berbagai bonus bagi karyawannya termasuk ribuan mobil yang telah dibeli perusahaan.

Buruh mendadak tajir mendapatkan mobil
Buruh mendadak tajir mendapatkan mobil. Foto: Autoevolution

Yakni perusahaan Jiangxi West Dajiu Iron and Steel Corporation telah membeli sebanyak 4.116 mobil yang akan diberikan oleh perusahaan kepada beberapa karyawan terpilihnya. Dengan jumlah tersebut beberapa karyawan mendadak tajir memiliki mobil dan beberapa bonus lain yang diberikan.

Sebagai bonus yang besar, perusahaan tersebut juga tak memberikan mobil dalam kondisi off the road, namun mobil diberikan dalam kondisi on the road dan seluruh administrasi mobil ditanggung perusahaan berikut asuransi selama lima tahun.

 Dengan jumlah yang cukup banyak, seperti dilansir Autoevolution perusahaan secara bertahap memberikan mobil kepada seluruh karyawannya, mulai 1 oktober 2020. Mobil yang disediakan merupakan produk yang juga diproduksi produsen mobil asal China.

Buruh mendapatkan mobil
Buruh mendapatkan mobil . Foto: Autoevoluton.

Mulai dari model Jiangling Ford Territory berjumlah 2.933 unit, dan 1.182 FAW Volkswagen Magotans. Mobil tersebut merupakan produk ternama yang berafiliasi dengan produsen lokal China.

Diketahui, China merupakan negara dengan perkembangan industry otomotif yang pesat. Banyaknya produsen otomotif di negara ini telah mencapai ke banyak tingkat wilayah, tak hanya provinsi namun wilayah kabupaten di suatu daerah di China juga memiliki industry otomotif dan pendukungnya.

Pasar otomotif negara ini juga terbilang menjadi yang terbesar di Dunia dengan angka penjualan sangat tinggi. Tercatat sepanjang 2019, penjualan mobil di negara ini telah mencapai 25 juta unit lebih.

Pekerja dan buruh dengan gaji di bawah Rp5 juta bakal dapat bantuan pemerintah. Foto: Antara.
Pekerja dan buruh dengan gaji di bawah Rp5 juta bakal dapat bantuan pemerintah. Foto: Antara.

Nasib buruh berbeda

Pemberian mobil oleh perusahaan menjadi catatan baik bagi perusahaan China, jika dibandingkan dengan kondisi yang tengah terjadi saat ini di Indonesia berbanding terbalik. Dimana buruh atau massa pekerja tengah meminta kejelasan terhadap keputusan Omnibus Law tentang Cipta kerja.

Para massa pekerja menilai keputusan pemerintah terhadap aturan cipta kerja dinilai tidak berpihak kepada pihak buruh, dengan adanya beberapa aturan yang dinilai sangat merugikan diantaranya hak mendapatkan upah dan status kepegawaian.

Disisi lain pemerintah sendiri menilai kebijakan Omnibus Law terkati Cipta Kerja akan menjadi peluang bagi Indonesia untuk bisa menarik investor masuk yang berdampak terbukanya lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.

Selama ini, investor enggan masuk karena factor upah pekerja yang tinggi dan sulitnya mendapatkan izin untuk membuka investasi di negara ini. Melalui Cipta kerja, pemerintah mengklaim bisa menarik investor yang akan menanamkan modalnya di tanah air.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close