Lifestyle

Ritual aneh biar dagangan laris, ludahi bakso hingga ramuan celana dalam

Beberapa hari lalu, penjual bakso cuanki keliling, Windra, diamankan pihak kepolisian setelah kepergok kamera sedang meludahi mangkok dagangannya. Uniknya, ia mengaku, ritual aneh itu merupakan ajaran gurunya di Garut, Jawa Barat, supaya bakso yang dijualnya laris manis.

Sebagian kita mungkin merasa aneh saat mendengar pengakuan tersebut. Apalagi, di zaman modern seperti sekarang, kepercayaan mengenai hal supranatural perlahan mulai ditinggalkan. Namun demikian, praktik curang itu masih ada. Bahkan, ritualnya semakin aneh.

Baca juga: Viral, pedagang bakso cuanki ludahi mangkok, polisi: fix penglaris

Sebelum kasus bakso cuanki naik ke permukaan, pada Januari lalu, publik sempat digegerkan penjual bakso di Jawa Timur yang merendam celana dalam di kuali rebusnya. Hal itu sempat dikisahkan karyawan yang bekerja di kedai makan tersebut.

“Ada beberapa pekerjaan yang tidak boleh kami lakukan. Pekerjaan itu khusus hanya boleh dilakukan si suami-istri pemilik warung. Pekerjaannya adalah memasak kuah bakso dan menuang kuah bakso ke mangkok yang telah terisi isian bakso dan mie ayam,” ujarnya dikutip dari Suara.com, Senin 29 Juni 2020.

“Kami juga dilarang membuka-buka kuali tempat kuah bakso dimasak ataupun saat sudah dimasukkan ke rombong jualan di depan. Jangankan membuka melihat saja, kami akan diomeli habis-habisan,” sambungnya.

Ilustrasi tukang bakso menyaru
Ilustrasi tukang bakso menyaru. Foto Instagram @konstantin.adlan

Namun di luar dugaan, saat pasangan suami-istri pemilik kedai itu tak di lokasi, dan ada pembeli yang harus segera dilayani, karyawan itu akhirnya membuka kuali, dan betapa terkejutnya ia ketika melihat isinya.

“Saya tidak salah lihat, itu pakaian dalam berwarna hitam, karena sempat beberapa saat saya perhatikan sebelum saya lempar kembali ke dalam kuali, lalu saya tutup rapat-rapat,” kata dia.

Bakso. Foto: Suara
Bakso. Foto: Suara

Menariknya, penglaris dengan celana dalam tak hanya terjadi sekali. Pada tahun 2017 lalu, kepolisian di Gunungkidul, Yogyakarta sempat menangkap penjual bakwan kawi yang kedapatan mencuri celana dalam seorang mahasiswi. Saat ditanya penyebabnya, ia mengaku, hal itu merupakan perintah dari dukun supaya dagangannya laku.

Rendam kaki ke kuah makanan

Selain yang telah disebutkan, ada ritual lain yang tak kalah uniknya. Pada program Ini Baru Empat Mata yang tayang di saluran televisi swasta pada akhir tahun lalu, paranormal bernama Om Hao mengatakan, penglaris makanan sejatinya memang aneh dan terkesan tak masuk akal.

Katanya, ada yang menggunakan kain pembungkus jenazah, lalu tak sedikit juga yang merendam atau menyelupkan kaki ke kuah makanan sebelum benar-benar dipasarkan. Hiiiiiii, ngeri sekali, bukan?

Biar aman, sebelum makan di luar selalu perhatikan kebersihan tempat makan, plus jangan lupa berdoa agar dijauhkan dari hal yang buruk. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close