Trending

Rizal Ramli capres tangguh, pengamat: Dia didukung Raja Ternate

Pengamat politik nasional, Jerry Massie menganggap ekonom senior, Rizal Ramli merupakan sosok calon presiden (capres) terkuat dari luar Pulau Jawa. Bahkan, menurutnya, Rizal bisa bersaing dengan nama-nama tenar lainnya.

Diketahui, sejak beberapa bulan terakhir, Rizal Ramli kerap menyampaikan minatnya menjadi Presiden Indonesia berikutnya. Pada suatu kesempatan, dia mengatakan, Tanah Air bakal terbebas dari hutang saat berada di bawa komandonya.

Jerry merasa, keinginan Rizal menjadi presiden sebenarnya bukan sekadar mimpi atau harapan kosong belaka. Sebab, mantan pejabat negara tersebut didukung Raja Ternate dan organisasi Islam besar seperti Nahdlatul Ulama.

“Dia itu didukung juga oleh Nahdatul Ulama (NU), dulu pernah juga dia didukung oleh raja Ternate. Organisasi di Sumatera Utara itu memang sempat mendukung beliau,” ujar Jerry, dikutip Hops dari Genpi, Sabtu 16 Oktober 2021.

Rizal Ramli dan Jokowi.
Rizal Ramli dan Jokowi.

Meski demikian, dirinya keheranan melihat hasil survei nasional yang tak mencantumkan nama Rizal Ramli. Padahal, menurutnya, banyak orang berharap pada sosok mantan menteri koordinator perekonomian tersebut.

“Nama Rizal Ramli hanya muncul di survei-survei tertentu saja seperti KedaiKopi. Saya juga bingung di tempat lain tidak ada,” terangnya.

Peluang Rizal Ramli di Pilpres

Jerry yang juga menjabat sebagai Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) tersebut menganggap, hingga saat ini, calon presiden Indonesia masih didominasi nama-nama dari Pulau Jawa. Itulah mengapa, meski terbilang kuat, Rizal Ramli yang berasal dari Pulau Sumatera masih tertinggal di belakang.

“Memang dominasi dan hegemoni Jawa masih kental dan kuat. Barangkali capres dari luar Jawa itu hanya sekian persen,” tegasnya.

Rizal Ramli dan Megawati Soekarnoputri
Rizal Ramli dan Megawati Soekarnoputri. Foto Instagram @presidenmegawati

Bukan hanya itu, Jerry juga mengaku ragu para ketua partai politik besar akan memilih orang-orang yang berasal di luar Pulau Jawa tersebut.

“Menurut saya, 2 atau 3 pimpinan partai politik tidak akan mengarahkan targetnya ke luar Jawa. Kendati demikian, mungkin juga akan ada kejutan calon presiden dari luar Jawa,” kata Jerry.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close