Trending

Rocky Gerung punya Alquran, tempat khusus salat dan sajadah, muslim?

Beberapa waktu lalu, agama Rocky Gerung sempat menjadi perdebatan. Si pengamat politik itu pun kedapatan memiliki alat ibadah Islam di rumahnya. Apakah Rocky Gerung muslim?

Neno Warisman berkunjung ke rumah Rocky yang kemudian diunggahnya ke kanal YouTube. Di sana, dia mendapati Rocky Gerung menyimpan alat ibadah layaknya seorang muslim.

Muslima Fest

Baca juga: Di-bully soal agama, Megawati: Siapa yang tahu hati saya islami apa ndak

Punya alat ibadah untuk Islam, Kristen dan Hindu

Di rumah Rocky, Neno mendapati sebuah gazebo dan alat salat. “Saya lihat ada sebuah gazebo, seperti pondok ya? Eh ada mukena ya. Wow. Saya bilang jangan-jangan sebentar lagi diganti namanya jadi Muhammad Rocky Gerung,” kata Neno dalam vlog-nya, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Tapi ternyata, meski memiliki alat ibadah agama Islam di rumah, Rocky tidak pernah memakainya. Dia memang khusus menyiapkan berbagai alat ibadah untuk teman-teman yang mampir ke rumahnya.

Mantan dosen filsafat UI Rocky Gerung. Foto: Instagram Rocky.
Mantan dosen filsafat UI Rocky Gerung. Foto: Instagram Rocky.

Tak cuma keperluan ibadah umat muslim, tapi juga Hindu dan Kristen. “Ya tadi di tempat saya di rumah saya saya siapin bahkan beberapa kitab suci, Hindu ada, Moslem ada, Bible ada. Saya siapkan mukena, saya siapkan sajadah,” ungkap Rocky.

Dia punya banyak teman muslim yang sering berkunjung. “Karena saya punya banyak teman muslim, dan pasti lebih banyak teman muslim daripada agama lain karena muslim adalah mayoritas,” kata Rocky.

Sebagai tuan rumah, dia ingin menghargai tamu. “Tapi poin saya adalah, hak orang untuk menikmati momen spiritual privatnya harus dihargai oleh tuan rumah. Karena itu saya siapin tempat untuk orang salat, orang bisa pilih mau salat di sini atau bisa pindah ke bawah pohon,” ujarnya.

Tak cuma teman muslim, banyak di antara keluarga Rocky yang pemeluk Islam. “Keluarga saya keluarga egaliter, di keluarga saya muslim cukup banyak, saya terbiasa soal begitu. Jadi keadaan itu kemudian membawa kita pada kemampuan untuk bukan sekadar apresiasi, tapi masuk ke ke dalam sistem orang lain,” ungkap Rocky.

Tak mau ladeni pertanyaan soal agama

Beberapa waktu lalu, Rocky Gerung terlibat diskusi sengit dengan Henry Subiakto, profesor dan Guru Besar Universitas Airlangga.

Rocky Gerung dan Henry Subiakto. Foto: Youtube
Rocky Gerung dan Henry Subiakto. Foto: Youtube

Perdebatan berlanjut ke media sosial.  Dalam akun Twiter-nya, Henry nampak mempertanyakan agama Rocky Gerung. Dia juga menegaskan jika Rocky hanya mempersatukan kelompok Islam intoleran di Indonesia.

Diakui atau tidak, RG itu minimal punya dua manfaat, satu dia berhasil membuat kelompok Islam yg dinilai intoleran ternyata bisa nerima orang yang agamanya enggak jelas, hanya karena sama-sama pengecam pemerintah.

Merespons itu, Rocky membuat balasan lewat YouTube-nya. “Dia menganggap dia profesor, dia menyebutnya dengan jelas, tetapi saya melihat tidak ada bahasa profesor di situ, yang saya dengar ada suara kompresor, marah-marah dan ngamuk-ngamuk,” kata Rocky Gerung tertawa.

Sementara soal singgungan dan sindiran Henry Subiakto mengenai agama Rocky Gerung, dosen UI ini mengaku bisa membuktikan apa agama yang ia anut dari KTP yang dia miliki.

Tetapi, kemudian Rocky menjelaskan dia tak ingin meladeni Henry dengan cara demikian. Padahal, kata Rocky, dia bisa memperkarakan Henry dengan pasal ujaran kebencian.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close