Fit

Malam sebelum meninggal Rony Dozer nekat makan nasi padang saat kolesterol tinggi, ini bahayanya

Mantan artis extravaganza Rony Dozer dikabarkan meninggal dunia di usia 46 tahun pada Kamis 11 November 2011. Sahabat Rony yaitu Rency Milano yang merupakan kakak Elma Theana menuturkan bahwa dirinya pada kamis pagi masih teleponan dengan pria bernama lengkap Rony Antonius Setiawan.

Dalam perbincangannya dengan Rony ia mengaku sahabatnya itu sempat makan nasi padang padahal kala itu koleterolnya sendang tinggi. “Kan tadinya mau ke FFI, karena dia kolesterolnya naik katanya dia nggak bisa hadir, badannya agak meriang gitu,” tulisnya dilansir laman Kapanlagi Jumat 12 November 2021.

Muslima Fest

Ia mengatakan napas Rony Dozer terdengar ngos-ngosan saat menelepon. “Tadi pagi telepon saya ‘Ron elo kenapa kok kayak ngos-ngos gitu, engap-engap’ (katanya) ‘iya gua lagi nggak enak badan’, semalem tuh gara-gara makan padang gitu, kolesterol gua naik’ katanya gitu,” ujar Rency.

Lebih lanjut Rency mengungkap bahwa Sahabatnya itu memanag sakit sudah sejak lama. Tak cuma satu, penyakit Rony bisa dibilang komplikasi. “Dia ada gula, udah banyak penyakitnya, komplikasi gitu. Cuma dia nggak jaga makan. Kemarin dia ngomong kepengen makan padang,” ujar Rency.

Rony Dozer foto: Istimewa
Rony Dozer meninggal dunia foto: Istimewa

Meski demikian, Rency masih syok karena Rony meninggal secara mendadak. Karena kurang dari 24 jam lalu masih komunikasi dan malam harinya diberitahu bahwa Ronny sudah meninggal dunia.

Bahaya kolesterol tinggi bisa picu kematian mendadak

Kolesterol tinggi artinya terlalu banyak lemak di dalam darah. Lemak yang mengendap itu akan mempersempit pembuluh darah hingga menghambat jalannya aliran darah.

Kondisi ini berpotensi memicu terjadinya sejumlah penyakit, termasuk hipertensi dan penyakit jantung.Jadi bisa dibilang, kolesterol tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis yang dapat memicu terjadinya serangan jantung dan kematian mendadak.

Kematian mendadak akibat serangan jantung ini patut diwaspadai karena angka kejadiannya dilaporkan terus meningkat. Karena itu orang dengan kadar kolesterol tinggi penting menjaga kadarnya supaya kembali normal. Dilansir laman alododkter, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia yang dibiarkan dapat membuat pembuluh darah menyempit dan mengeras (aterosklerosis).

Seperti Rony Dozer, kondisi ini bisa memicu berbagai penyakit di antaranya tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, hingga penyakit arteri perifer atau penyumbatan pembuluh dara di tungkai dan kaki. Bahkan pada beberapa kasus, penyumbatan juga terjadi di pembuluh darah di ginjal.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close