Trending

Jabatan Ketum Demokrat sempat berlabuh ke RR, tapi gagal karena SBY

Jauh sebelum adanya rencana kudeta ataupun KLB Sibolangit, kisruh jabatan Ketum Demokrat rupanya sudah ramai 3 tahun silam.

Bahkan salah satu pendiri partai berlambang Mercy ini yang telah tutup usia, diungkap Rizal Ramli pernah menawari dirinya untuk menduduki kursi orang nomor satu di Partai Demokrat sayang terganjal oleh SBY.

RR sapaan akrabnya tersebut, menolak pinangan almarhum Ventje Rumakang, salah satu pendiri Partai Demokrat untuk menjadi Ketua Umumnya. Hal tersebut disampaikan RR seperti dikutip channel youtuber Refly Harun.

Mantan Menko Ekuin Rizal Ramli
Mantan Menko Ekuin Rizal Ramli Foto: Rmol

RR tolak tawaran jadi ketum Demokrat

Ekonom senior Rizal Ramli (RR) tersebut terpaksa menolak tawaran Ventje untuk menduduki kursi ketum tersebut, dirinya mengaku ditawari posisi tersebut sekira tahun 2017 lalu.

Dijelaskan RR, jika Ventje menawarinya sebagai Ketum Demokrat bukan tanpa alasan, karena dirinya mengungkap para pendiri sudah sangat risau karena pendiri selalu ditempatkan di belakang.

Hal itula yang kemudian, dijelaskan RR menirukan almarhum Ventje para pendiri merasa sebagai orang yang tidak dianggap oleh partai yang mereka dirikan bersama.

Ketua Umum Partai Demokrat, AHY di kantor DPP Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat, AHY di kantor DPP Demokrat. Foto: Antara/Genta Tenri Mawangi

“Kita para pendiri yang terdiri dari 9 orang pendiri dan 99 orang lainnya tidak dianggap dalam tubuh partai Demokrat. Hal tersebut dijelaskan Ventje jika setiap ada acara Demokrat selalu diposisikan di belakang,” ungkap almarhum Ventje ditirukan RR.

Hal yang cukup meresahkan bagi para pendiri yakni, posisi yang selalu duduk di belakang sedangkan keluarga besarnya selalu duduk di depan. Aspek lain yang menjadi pertimbangan para pendiri ingin melakukan pergantian kepemimpina di tubuh partai Demokrat tak lain terus merosotnya elektabilitas partai.

Kondisi tersebut terjadi setelah SBY tak menjadi presiden, dimana suara Partai Demokrat mengalami penurunan. Langkah para pendiri inilah kemudian menawarkan RR menjadi Ketum agar suara partai kembali terdongkrak.

RR tolak tawaran Ketum karena SBY

Mendapat tawaran tersebut RR sendiri mengaku sempat meminta waktu untuk berfikir, karena dirinya baru saja keluar dari kabinet pemerintahan Jokowi.

Tawaran yang datang tersebut lantas tak membuat RR gelap mata, dan dengan perkataan maaf RR mengungkapkan ke Ventje tidak bisa menerima tawaran tersebut.

Rizal Ramlli ungkap tawaran jabatan ketum
Rizal Ramlli ungkap tawaran jabatan ketum Partai Demokrat Foto: Youtube Refly Harun

RR mengaku mempertimbangkan posisi dirinya yang baru saja keluar kabinet pemerintahan, selain itu, pertemanan dirinya dengan SBY menjadi alasan yang cukup kuat bagi RR tak menerima pinangan tersebut.

“Saya memutuskan, ‘Pak Ventje mohon maaf untuk tidak terlibat. Karena saya satu, baru keluar dari pemerintahan Jokowi. Kedua, apapun SBY itu teman lama saya. SBY itu banyak sejarah sama saya’,” tandas RR.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close