Siaran Pers

RS di Jambi terapkan ‘Clean Hospital’ sambut New Normal

Propinsi Jambi telah ditetapkan berstatus zona kuning dalam pandemi covid-19 sejak awal Juni 2020, yaitu zona risiko rendah akan jumlah dan dampak penularan virus corona karena sejumlah kasus penularan melalui antar lokal tanpa penularan secara komunitas.

Meski ditetapkan sebagai zona kuning, pihak rumah sakit, yaitu Siloam Hospitals Jambi tidak menyurutkan kesiagaan dalam ikut memutus mata rantai wabah Corona di Jambi.

Baca Juga: New normal, Luhut Pandjaitan: Kalau asyik kritik saja nggak ada gunanya

“Kami ikut bersinergi dan mendukung langkah kerja yang dilakukan pemerintah. Zona kuning bagi layanan rumah sakit adalah sebuah kewaspadaan, yaitu memberi dukungan kepada pemerintah melalui pelaksanaan konsep clean hospitals, baik itu dilingkungan rumah sakit Siloam Hospitals Jambi pun dilingkungan umum”, sambut Direktur Utama Siloam Hospitals Jambi, dr.Kristianus Cahyono, EMBA.

RS Siloam Jambi
RS Siloam Jambi Photo: Official Siloam

Kristianus Cahyono menambahkan, konsep dan pelaksanaan ‘clean hospitals’ menekankan pada skrining ketat dan pemisahan pasien COVID-19 dan pasien non COVID-19, menciptakan lingkungan rumah sakit yang bersih dan bebas dari resiko paparan COVID-19, serta melakukan pemeriksaan berkala kepada dokter dan staf rumah sakit.

“Konsep clean hospitals ini membuahkan hasil optimal. Contohnya dari sisi penambahan pasien dengan kecurigaan COVID-19 yang berobat ke Siloam Hospitals Jambi cenderung tidak mengalami peningkatan secara signifikan, baik dalam jumlah ODP atau PDP,” ungkap dr.Kristianus Cahyono, EMBA memaparkan dalam bincang tanya jawab bersama media, Jum’at, (12/06/2020) di kota Jambi.

Selain itu pasien konfirmasi yang dirawat di Siloam Hospitals Jambi pun sudah dinyatakan dua kali swab negatif oleh Dinas Kesehatan sehingga sudah dibolehkan pulang.

Selain pelaksanaan ‘clean hospitals’ Siloam Hospitals Jambi turut mengembangkan ‘Teleconsultation’, yaitu layanan konsultasi jarak jauh melalui video call, sehingga pasien tidak perlu datang ke rumah sakit.

Selain itu, untuk menjangkau pasien-pasien yang beresiko tinggi terpapar COViD-19, maka Siloam Hospitals Jambi mengembangkan layanan Siloam at Home, yaitu layanan kunjungan petugas kesehatan ke rumah pasien untuk memberikan pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan dokter, tindakan keperawatan, pengambilan sampel pemeriksaan laboratorium, tindakan fisioterapi.

RS Siloam Jambi
RS Siloam Jambi Photo: Official Siloam

“Kami melakukan inovasi layanan guna memudahkan layanan bagi masyarakat dan pasien khususnya”, imbuh Kristianus.

Adapun ditempat terpisah, menyambut periode new normal, pemerintah kota Jambi telah mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukung mengikuti protokol kesehatan cegah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cara Gojek dan Grab angkut penumpang saat new normal, bebas parno

Selain fasilitas, diturunkan pula tim gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD dan Aparatur Sipil Negara. Tim gabungan ini diturunkan untuk memberi edukasi dan himbauan kepada warga agar selalu menggunakan masker keluar rumah serta pola hidup sehat dan bersih. Tim ini untuk mepercepat penyembuhan dan mengurangi penyebaran wabah virus corona.

Walikota Jambi, DR.H.Syarif Fasha, ME., menjelaskan, selain adanya edukasi, pihaknya pun memberlakukan hal disiplin akan penggunaan wajib masker wajah.

“Ini adalah satu instrumen untuk mendisiplinkan masyarakat, karena sudah berbulan-bulan kita ingat kan untuk pakai masker dan sudah kita bagikan masker gratis serta memberikan sosialisasi,” pungkas Syarif Fasha di Posko Gugus Tugas Covid-19.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close