Trending

Said Didu minta pemerintah bikin surat wasiat hutang, RR malah suruh surat resign

Pengamat politik yang juga mantan Sekretaris Menteri BUMN, Said Didu kembali muncul dengan gaya sentilannya ke pemerintah. Kali ini perkara surat wasiat yang harus dibuat pemerintah terkait kondisi negara yang sedang dililit banyak hutang.

Kondisi negara yang memiliki banyak hutang dengan periode kepemimpinan Presiden Jokowi yang menyisakan beberapa tahun saja dengan setumpuk hutang yang bebannya akan ditanggung rakyat Indonesia melalui berbagai kebijakan pajak.

Surat wasiat itulah yang dinilai Said Didu harus dibuat pemerintah untuk pemberitahuan kepada rakyat Indonesia atas jumlah hutang yang diambil oleh pemerintahan saat ini.

Muhammad Said Didu. Foto: Dok CnR.
Muhammad Said Didu. Foto: Dok CnR.

Surat wasiat hutang bukan solusi menurut Rizal Ramli

Jumlah surat hutang tersebut, justru dinilai bukan sebagai solusi yang tepat di mata ekonom Rizal Ramli. Menurutnya surat wasiat tersebut kurang tepat, karena jelas terkait sal hutang.

Surat wasiat terkait hutang itulah yang membuat Rizal Ramli menilai jika apa yang ditinggalkan dan dijelaskan dalam  surat tersebut bentuknya merupakan hutang.

“Mas Said ⁦Didu, surat wasiat isinya apa? Wong cuman ninggalin bejibun masalah doang?” ujar Rizal, Jumat (30/7).

Rizal Ramli
Rizal Ramli. Foto Instagram @rizalramli.official

Menurutnya, akan lebih bijak jika yang diusulkan adalah surat permintaan maaf dari pemerintah karena telah meninggalkan banyak utang. Di satu sisi pemerintah juga harus menerima konsekuensi atas ketidakmampuan mengelola uang dengan mengundurkan diri.

“Lebih bijak, jika bikin surat minta maaf dan mengundurkan diri, gitu aja ribet,” tandasnya sambil menyertakan simbol tawa.

Mantan Sekretaris Menteri BUMN, Said Didu tak main-main meminta agar pemerintah dan pengusaha untuk segera membuat “surat wasiat”.

Pasalnya, kata dia, berdasarkan data yang dilaporkan Bank Indonesia atau BI bahwa junlah utang Indonesia di sektor publik, yakni pemerintah, BUMN, dan BI per Juni 2021 capai Rp 12.474 triliun.

Mantan Menko Ekuin Rizal Ramli
Mantan Menko Ekuin Rizal Ramli Foto: Rmol

“Sesuai data Bank Indonesia bahwa jumlah utang sektor publik (pemerintah + BUMN + BI) Juni 2021 sudah mencapat Rp 12.474 triliun, sepertinya sudah saatnya pemerintah/penguasa membuat “surat wasiat”,” kata Said dalam cuitannya di Twitter, Kamis (29/7).

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close