Trending

Salah lawan! Debat sengit Rocky vs Yandri soal Habib Rizieq dan dana haji

Ketua Komisi VIII DPR Fraksi PAN Yandri Susanto menantang debat terbuka pengamat politik Rocky Gerung. Debat terbuka itu kemudian disiarkan di program Mata Najwa yang tayang pada Rabu malam, 10 Juni 2021.

Adapun debat terbuka itu mempersoalkan analisa Rocky Gerung yang menyebut jika dana haji bermasalah. Termasuk kuota haji bermasalah karena diplomasi yang lemah usai Habib Rizieq ditangkap, dan adanya utang Indonesia kepada Arab Saudi. Seperti apa debatnya?

Yandri anggap Rocky sesat

Pertama-tama Najwa Shihab selaku host mempersilakan Yandri untuk melemparkan pernyataannya. Nana, sapaan akrabnya, bertanya kepada Yandri, mengapa menantang Rocky untuk berdebat. Terkait itu, Yandri kemudian beralasan perlu angkat suara karena dialah ketua komisi VIII yang turut membidani persoalan haji.

Dia berharap pembatalan keberangkatan haji tidak terbakar oleh informasi liar yang dicelotehkan Rocky Gerung.

“Sebenarnya lontaran itu bukan menantang debat Rocky dan Rizal Ramli, tetapi minta berdialog secara terbuka. Karena dari video yang saya dapat, kita batal berangkat haji karena disebut diplomasi yang lemah, lalu dikaitkan dengan Habib Rizieq.”

“Bukan cuma itu, Indonesia juga disebut tak bisa berangkatkan jemaah haji karena punya utang di Arab Saudi,” kata Yandri, dikutip Kamis 10 Juni 2021.

Yandri kemudian menganggap apa yang disampaikan Rocky sesat. Karena informasi itu sangatlah liar, dan tidak berpendekatan pada fakta.

“Diplomasi kita sudah maksimal. Saudi bukan tidak memberikan kuota haji pada Indonesia saja, melainkan juga pada warga muslim di seluruh dunia, seluruh negara. Termasuk larangan terbang juga bukan cuma terjadi dari Indonesia,” katanya.

Rocky membalas Yandri

Yandri kemudian menyatakan kalau kuota bagi penyumbang besar jemaah haji seperti Mesir, Pakistan, Turki, sampai Afrika juga tidak diberikan oleh Arab Saudi. Jadi bukan cuma Indonesia saja yang kemudian disesatkan oleh informasi yang dilempar oleh Rocky Gerung.

Presenter Najwa Shihab. Foto: Pinterpolitik.
Presenter Najwa Shihab. Foto: Pinterpolitik.

“Saya sebagai Ketua Komisi VIII berkewajiban. Sebab sejak akhir Desember 202o kami sudah membentuk panitia khusus haji. Di mana di dalam negeri sudah siap semua, soal keuangan, manasik, penerbangan dan sebagainya.”

“Cuma faktanya sampai saat ini bukan cuma Indonesia saja yang tidak diberikan kuota, tetapi semua. Kecuali Malaysia, Singapura diberikan, kita tidak, baru itu bisa jadi masalah,” katanya lagi.

Nana kemudian memberi kesempatan Rocky untuk melemparkan pandangan Yandri. Kata Rocky to the point, dia merasa ini merupakan perdebatan yang tertunda. Apalagi perdebatan ini juga turut diviralkan oleh sejumlah media.

“Kok diviralkan, saya enggak kenal Yandri, itu pertama. Kedua ini lawan debat yang salah. Sebab saya mengomentari Dasco bukan Yandri. Kok tiba-tiba dia yang ngomel-ngomel,” katanya.

Walau demikian, dia memaklumi mungkin karena keterpanggilan sebagai institusi. Maka pantas, dia menyebut jika ini merupakan debat yang salah.

Bagi Rocky apa yang disampaikan soal Habib Rizieq, termasuk lemahnya diplomasi merupakan analisa biasa di kalangan akademis. Sebab Dasco tempo hari mengaku mendapatkan informasi dari pihak tertinggi. Pantas dia kemudian bertanya, apakah beliau berhubungan atau berkomunikasi dengan Pemerintah Arab.

“Tahu enggak Arab Saudi mengamati hal yang sama, saya analis diplomatik, bebas saja. Saya analisis diplomasinya.”

Debat kian sengit

Mendapat pernyataan itu, Yandri kemudian ngegas. Dia bilang analisa Rocky terlalu sempit. Rocky kemudian mengakui kalau dia memang pakai Habib Rizieq sebagai alat analisa. Tetapi dia menganalisa dalam dimensi yang tak terlihat.

“Habib Rizieq dalam analisa saya diizinkan pulang dengan diantar, dan bukan untuk dijadikan terdakwa. Itu Anda enggak bisa lihat, dalam diplomasi memang membantah, tetapi saya bebas melakukan sesuatu,” kata Rocky.

Sidang Habib Rizieq
Sidang Habib Rizieq Foto: Antara

“Jangan kaitkan Habib Rizieq. Itu tidak ada hubungannya. Saya membantah karena di tengah jemaah haji yang tengah sedih ini mendapat info yang benar, jangan simpang siur. Ini malah masalah utang, lalu Habib Rizieq, itu saya bantah,” tegas Yandri.

Mendengar itu, Rocky tajam ke Yandri. Dia heran mengapa Yandri menganalisa pemikirannya. Padahal sebagai anggota DPR, dia bertugas untuk menganalisa jalan pikiran Pemerintah. Karena ini terkait dengan urusan diplomatik.

“You anggota DPR, tugasnya periksa pikiran Pemerintah!”

“Saya berkewajiban untuk meluruskan itu. Jangan sampai jemaah haji dapat info liar,” timpal Yandri.”

“Kenapa you urusin analisa saya, apa yang salah? Ya sudah, enggak ada soal.”

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close