Hobi

Samsung dikabarkan bakal suntik mati seri Galaxy Note, fokus ke ponsel lipat

Perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan, Samsung dikabarkan akan suntik mati smartphone seri Galaxy Note mereka mulai tahun depan. Kabar itu beredar usai muncul pemberitaan dari media asal Korea Selatan, ETNews.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Samsung telah memutuskan untuk menghapus seri Galaxy Note sepenuhnya, menghentikan pengembangannya dan membuat ponsel tersebut menjadi ‘sejarah’.

Muslima Fest

Menurut ETNews, dilansir Jumat 26 November 2021, Samsung telah mengeluarkan seri Galaxy Note dari rencana produk smartphone tahunan untuk tahun 2022. Lebih lanjut, laporan tersebut juga menyebutkan bahwa produksi dan penjualan Galaxy Note terakhir, yaitu Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra juga akan dihentikan.

Meski sebagian pihak ada yang menganggap jumlah produksi sudah cukup rendah karena Note 20 dan Note 20 Ultra sudah keluar lebih dari lima belas bulan sejak diluncurkan, ETNews menyebutkan bahwa Samsung masih memproduksi 3,2 juta unit untuk Galaxy Note 20 series guna memenuhi permintaan penggemar seri tersebut.

Samsung Galaxy Note 20 series. Foto: Samsung
Samsung Galaxy Note 20 series. Foto: Samsung

Namun, lanjut ETNews, mulai tahun 2022, angka ini akan menjadi nol dan tidak akan ada produksi Galaxy Note baru.

Alasan utama di balik keputusan Samsung suntik mati seri Galaxy Note adalah untuk peningkatan produksi ponsel lipat. Perusahaan Korea itu juga ingin mengganti jendela peluncuran dan penjualan seri Galaxy Note dengan ponsel lipat. Intinya, mereka akan fokus di ponsel lipat.

Berita tentang Samsung yang ingin menyuntik mati jajaran Note sebenarnya telah muncul sejak tahun lalu. Namun, usai berita tersebut heboh di mana-mana kala itu, salah satu pejabat Samsung mengkonfirmasi bahwa perangkat dari seri Note yang baru akan hadir di tahun 2021.

Tapi nyatanya, hingga sekarang 2021 sudah memasuki penghujung tahun, belum ada tanda-tanda peluncuran perangkat Samsung dari seri Note. Satu-satunya penawaran unggulan Samsung yang rilis di tahun ini berasal dari seri S, yakni S21 series.

Samsung Galaxy Z Flip 3. Foto: Samsung
Samsung Galaxy Z Flip 3. Foto: Samsung

Terlepas dari itu, pejabat Samsung lainnya baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa tanggal rilis untuk perangkat Galaxy Note baru kini telah ditetapkan untuk tahun 2022. Berita itu memang terasa agak ‘tidak pada tempatnya’, mengingat perangkat Galaxy S22 Ultra yang akan datang telah disebut-sebut sebagai penerus sejati Note 20 Ultra, lengkap dengan desain kotak dan slot S Pen.

Dengan demikian, Samsung sendiri seolah-olah tidak dapat mengambil keputusan tentang seri Note.

Namun, keyakinan Samsung pada seri Fold-nya tidak salah tempat sama sekali. Perusahaan telah berhasil menjual sekitar 2,3 juta perangkat lipat di seluruh dunia pada paruh pertama tahun 2021. Ini belum termasuk Galaxy Z Flip 3 5G yang sangat sukses yang baru dirilis pada H2 2021.

Menghapus seri Note akan menawarkan Samsung peningkatan kapasitas produksi untuk perangkat lipatnya, terutama seri Z Flip, seri yang rencananya akan dijual oleh perusahaan sebanyak 13 juta unit tahun depan. Melihat target tersebut, nampaknya masuk akal untuk perusahaan memfokuskan diri ke ponsel lipat.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close