Trending

Sandiaga Uno minta UKM dibantu dana tunai, setuju?

Sandiaga Uno angkat suara bela pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UKM. Sandiaga Uno meminta pemerintah memberikan uang tunai ke UKM di masa new normal atau kenormalan baru. Sandiaga Uno minta UKM dibantu dana tunai, sebab menurutnya dana tunai bagi UKM di masa saat ini adalah yang sangat dibutuhkan.

Mantan calon wakil presiden itu mengatakan, kontribusi UKM pada perekonomian nasional tak bisa dipandang sebelah mata lho. UKM sudah teruji membantu perekonomian nasional terutama di masa-masa krisis.

Baca juga: Dahlan Iskan prediksi perang senhata AS-China: Pemicunya watar Trump

Sandiaga berpandangan penerapan new normal harus memprioritaskan UKM dan masyarakat yang menggelar usaha di pasar tradisional. Menurutnya, mereka butuh uang tunai untuk mulai lagi usaha mereka.

“UMKM menciptakan 97 persen lapangan pekerjaan dan sumber ekonomi sebesar 60 persen,” kata Sandi dalam keterangannya sebagaimana diberitakan Bisnis.com, Selasa 9 Juni 2020.

Pemerintah harus beri jaminan

Sandiaga mengatakan pemerintah mesti bisa memberikan jaminan kepada para pelaku UKM yang umumnya kendalanya adalah modal dan pembiayaan.

Salah satu UKM dari Madura
Salah satu UKM dari Madura. Foto Instagram @kurupuk_madura

Tanpa jaminan dari pemerintah, kata pengusaha nasional itu, pelaku UKM bakal sangat kesulitan mendapatkan modal dari perbankan. Nah susahnya para pelaku UKM mendapatkan modal ini, pemerintah harus memberikan solusinya.

“Pemerintah harus bekerja sama dengan sektor perbankan dalam menyediakan pinjaman modal kerja kepada pelaku UMKM dengan jaminan dari pemerintah,” ujar Sandi.

Cash is king

Menurut Sandi pembukaan kembali sektor ekonomi saat penerapan new normal sangat penting. Terlebih, lanjut Sandi, menurut informasi yang diterimanya sekira 5 juta orang saat ini sudah kehilangan pekerjaan. Mereka mayoritas adalah UMKM.

“Dalam masa pemulihan ekonomi, yang dibutuhkan masyarakat adalah dana tunai, Cash is king. Bagaimana masyarakat mendapatkan bantuan likuiditas untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan membuka kembali usaha yang sempat tutup,” kata Sandi.

Pencairan bantuan tunai langsung
Pencairan bantuan tunai langsung. Foto Instagram @arusbawahjokowi.id

UKM yang pertama

Sebelumnya saat pemerintah mulai menginisiasi relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Sandiaga sudah meminta pemerintah memerhatikan betul para pelaku UKM.

Untuk jenis atau bidang yang prioritas mendapatkan relaksasi menurutnya adalah para UKM. Jenis kegiatan di zona ini adalah yang paling pertama harus dibuka. Segala kegiatan yang berhubungan dengan terbukanya lapangan kerja, juga ketersediaan dan kestabilan harga-harga bahan pokok dan kebutuhan sehari-sehari, harus masuk dalam Go Zone.

“Contoh UMKM yang menopang 60 persen dari ekonomi kita, dan 97 persen lapangan kerja. Lebih spesifiknya adalah UMKM yang bergerak di sektor konsumsi,” jelas Sandiaga dalam postingan di akun Instagramnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close