Trending

Santer alumni 212 gabung ke partai baru Amien Rais, begini reaksi PAN

Usai tersingkir dalam kepengurusan Partai Amanat Nasional, Amien Rais kini gencar tengah membangun partai baru. Menariknya, alumni 212 diklaim bakal bergabung ke partai tersebut.

Menurut rencana, deklarasi partai baru Amien Rais akan dilakukan setelah Lebaran. Terkait gabung-nya alumni 212 ke partai itu, Partai Amanat Nasional pun angkat suara.

Baca Juga: Kisah Ade, rogoh Rp1 juta demi dapat surat izin pulang kampung naik pesawat

Menurut Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, disitat Merdeka, apa yang dilakukan Amien Rais adalah hak politiknya. Sehingga PAN tidak akan mempersoalkannya.

Mantan Ketua MPR Amien Rais. Foto: Ist.
Mantan Ketua MPR Amien Rais. Foto: Ist.

“Kalau ada mantan anggota PAN yang berkumpul-kumpul akan mendirikan partai politik baru, ya silakan saja. Itu hak politik mereka,” kata Viva, Rabu 13 Mei 2020.

Adapun terkait apa pun yang dilakukan Amien dan loyalisnya, termasuk akan bergabungnya alumni 212 di partai baru mereka, sudah dianggap bukan jadi urusan PAN lagi. Sebab Amien Rais sudah keluar dari partai yang membesarkan namanya itu.

“Karena mereka mantan anggota PAN, maka apapun sikap dan perilaku mereka, tidak ada kaitannya dengan PAN lagi,” tuturnya.

Politisi senior Amien Rais. Foto: Suara.
Politisi senior Amien Rais. Foto: Suara.

“Saya tidak tahu jika ada alumni 212 ikut bergabung. Itu bukan urusan PAN,” ucapnya.

Amien memimpin

Sementara itu, Sosiolog yang juga Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Musni Umar mendukung rencana Amien Rais dan loyalisnya membentuk partai baru.

Pernyataan tersebut dikatakan Musni Umar usai adanya pemberitaan yang menyebut Amien mengajak para alumni 212 untuk membuat partai.

“Kita sudah saksikan kepentingan rakyat bangsa dan negara diabaikan oleh Kekuatan oligarki di DPR. Saya dukung ajakan Pak Amien supaya alumni 212 buat partai. Kalau orang baik dan pintar terus di luar kekuasaan, orang “jahat” didukung oligarki isi kekuasaan,” kata Musni Umar disitat dari akun Twitter-nya.

Aksi 212. Foto: Istimewa.
Aksi 212. Foto: Istimewa.

Sebelumnya, Politikus senior PAN, Agung Mozin mengatakan, Amien Rais dinilai paling cocok sebagai sosok perekat tokoh dan komponen partai baru yang merupakan antitesis dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Mungkin Pak Amien Rais langsung yang akan jadi pemimpin. Karena sebagai perekat,” kata Agung.

Agung merupakan salah satu tokoh yang akan mendirikan partai ini bersama Amien Rais. Kata Agung, partai ini disiapkan menjadi oposisi dari pemerintahan Jokowi.

Agung mengatakan sejumlah elemen, mulai perguruan tinggi, hingga alumni 212 akan bergabung menjadi satu di partai baru Amien Rais tersebut.

“Partai baru terdiri dari komponen elemen masyarakat yang kritis terhadap pemerintah,” kata Agung.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close