Hobi

Satelit tangkap penampakan kapal selam misterius Korea Utara

Banyak hal yang misteri dan tidak diketahui orang banyak dari Korea Utara, mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, politik hingga militer. Baru-baru ini saja, sebuah kapal selam misterius terekam citra satelit yang diambil dari kawasan galangan kapal Korea Utara.

Kabar ini mencuat di tengah maraknya pemberitaan mengenai Korea Utara atau Korut yang disebut tengah membangun kapal selam yang dapat meluncurkan nuklir.

Baca juga: Gara-gara pakai HP Android, gadis ini diejek temannya yang pakai iPhone

Menurut salah satu jurnalis Forbes, H.I. Sutton, kelompok pemantau Korea Utara, 38 North, pertama kali melaporkan pada bulan Mei lalu mengenai kapal selam baru yang disebut sebagai ‘objek tidak biasa’.

Sutton menjuluki kapal itu sebagai kelas Sinpo-B karena galangan kapal rahasia tempat kapal selam itu berada terlihat.

Gambar satelit baru-baru ini, diambil 7 Agustus, dengan jelas menunjukkan kapal selam baru di dermaga di Sinpo, Korea Utara. Foto: Forbes

Pada Agustus tahun lalu, juga terdapat sebuah foto yang diambil dari satelit yang mengungkapkan bahwa Korut sedang membangun kapal selam yang dapat meluncurkan rudal balistik.

Melansir New York Post pada Rabu, 26 Agustus 2020, hal ini menandakan bahwa Pyongyang sedang berusaha mencari cara alternatif untuk meluncurkan senjata nuklir.

Foto-foto yang diambil saat itu dari galangan kapal Sinpo Selatan seolah muncul untuk mengonfirmasi laporan media pemerintah Korut tentang kapal selam yang baru dibuat.

Menurut laporan Forbes, kapal selam Korut terbaru itu bisa jadi masuk ke kelas kapasitas kecil atau kelas ekstra besar tanpa awak (XLUUV).

Meskipun kabar ini telah beredar, hingga kini belum ada pengumuman resmi dari Korea Utara. Badan Intelijen Korea Selatan dan juga negara-negara barat pun diam belum memberikan komentar.

Catatan kapal selam Korut

Korea Utara sendiri memiliki sejarah panjang dalam pembuatan kapal selam dan telah mengoperasikannya secara agresif melawan Korea Selatan di masa lalu.

Ilustrasi kapal selam. Foto: Skeeze di Pixabay

Korut juga memiliki armada kapal selam terbesar di dunia, meski sebagian besar sudah tua dan teknologinya sedikit ketinggalan zaman. Namun demikian, mereka tetap menjadi ancaman bagi negara-negara barat, terutama Amerika Serikat.

Pada tahun 2010, kapal selam kelas MS-29 Yono milik Korut, disebut pernah menghancurkan sebuah kapal perang Korea Selatan dengan menggunakan torpedo.

Forbes mengatakan, kapal selam yang baru saja tertangkap citra satelit itu kemungkinan menjadi versi yang lebih kecil dari MS-29.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close