Unik

Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian

Kisah sedih sekaligus miris dialami seorang wanita tua alias nenek, ia hidup sebatang kara lantaran ditinggal suami yang telah meninggal dan tak punya anak. Alhasil ia harus hidup dan menggantungkan hidupnya dengan cara tak layak.

Di balik badannya yang semakin membungkuk dan tua renta, wanita paruh baya ini harus melanjutkan hidupnya secara mandiri.

Baca juga: Salut kisah emak-emak mendaki gunung demi anaknya, alasannya bikin mewek

Pada usia senja yang seharusnya sudah istirahat dan tak layak untuk bekerja, nenek ini justru tetap mencari nafkah di kerasnya kehidupan jalanan.

Kisah miris nenek sebatang kara ini diunggah oleh seorang warganet di jejaring media sosial TikTok @luthfiazhars. Awalnya, ia mengisahkan pengalaman pribadinya ketika bertemu dengan seorang wanita tua yang berprofesi sebagai pemulung.

Berdasarkan penggalan kalimat yang terdapat dalam video, momen yang mengetuk hati kecil si perekam Luthfi Azhar itu terjadi saat ia memutuskan untuk beristirahat dalam sebuah perjalanan di rest area tol.

“Ketemu nenek pemulung di rest area tol,” tulisnya.

Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian. Foto: TikTok
Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian. Foto: TikTok

Lebih mirisnya lagi, agar bisa mengisi perut dengan makanan, nenek ini harus berjalan selama dua jam lebih mencari botol bekas lantaran ia hidup seorang diri tanpa keluarga dan sanak saudara.

loading...

Nantinya, kerja keras yang dilakukan selama seharian untuk mengumpulkan botol plastik, ia tukar di pelapak barang rongsok. Dengan penghasilan yang tak seberapa, setiap harinya ia harus menjalani kegiatan yang sama.

“Demi makan, neneknya jalan dua jam lebih buat nyari botol bekas, keinget orang tua di rumah,” ujar Luthfi.

Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian. Foto: TikTok
Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian. Foto: TikTok

Momen bertemu dengan nenek pemulung tersebut membuat Luthfi dan temannya teringat pada orang tuanya di rumah. Terekam dalam video, salah seorang teman Luthfi menangis ketika melihat kondisi sosok pemulung tua tersebut.

Lebih lanjut, Luthfi menjelaskan bahwa nenek yang ia jumpai bernama Nenek Emi. Sebelumnya ia sempat menikah dengan seorang pria, namun suaminya tersebut meninggal dalam kondisi belum dikaruniai seorang anak.

“Namanya nenek Emi, hidup sebatang kara, katanya ingat suami yang udah meninggal, kesepian gapunya anak,” imbuhnya.

Tampak, nenek Emi menangis dan mengusap air matanya ketika teringat sosok pasangan yang pernah mengisi hidupnya selama ini.

Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian. Foto: TikTok
Sayangi ibumu! Kisah miris nenek sebatang kara, hidup sendiri dari hasil ginian. Foto: TikTok

Meski tak memiliki siapa-siapa dan ditinggal oleh suaminya menghadap Sang Khalik, nenek Emi seakan percaya bahwa hidup di dunia ini harus diperjuangkan olehnya secara sungguh-sungguh. Dalam kondisi terbatas baik secara tenaga maupun usia, ia membuktikan bahwa sejatinya hidup harus dijalani dengan gigih dan mandiri.

Satu yang pasti, nenek Emi percaya bahwa ia tak benar-benar sebatang kara di dunia, sebab di dalam lubuk hatinya ada sosok Sang Pencipta dan suaminya yang membuat ia tetap bersemangat.

Dengan adanya momen itu, Luthfi berpesan kepada warganet agar menghargai sosok yang melahirkan kita, yakni ibu.

“Sayangi ibumu #Sharingiscaring,” tulis Luthfi dalam captionnya.

Menurut keterangan Luthfi dalam kolom komentar, lokasi ia bertemu dengan nenek pemulung itu berada di rest area kilometer 70-an dari arah Jakarta menuju Bandung.

Baca juga: Salut kisah emak-emak mendaki gunung demi anaknya, alasannya bikin mewek

Sontak video inspiratif yang diunggah oleh akun TikTok Luthfi diserbu 617,3 ribu penyuka dan 9470 komentar. Tak sedikit pula beberapa orang di antara mereka yang dibuat sedih ketika melihat sosok nenek Emi.

“Kebayang enggak sih, pas suaminya meninggal sesedih apa karena beliau ga punya anak. Enggak ada lagi temen cerita, canda semuanya sirna. Mikir aja ikutan nangis lho,” balas akun Yosika Aprilia Ning.

“Aku yang dari kecil deket sama nenek enggak kuat lihat beginian,” ujar akun Tal.

“Gue langsung nangis pas nenek bilang enggak punya anak. Ya Allah hampa banget hidup nenek. Tolong beri kebahagiaan padanya. Aamiin,” kata akun Manusia Helm.

“Di balik senyum manis nenek Emi pasti ada hati yang rapuh. Untuk teman-teman tiktok ku semoga kita bisa jadi anak yang sukses ya biar bisa saling membantu,” imbuh akun Rst.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close