Trending

Sebelum Jakarta, 5 kota ini sudah terapkan ganjil genap lebih dulu, efektif?

Pemerintah DKI Jakarta menerapkan aturan ganjil genap di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota. Peraturan tersebut disebut mampu menekan angka kemacetan akibat jumlah kendaraan yang membludak di jalan raya.

Peraturan ganjil genap ini mulai diterapkan di Jakarta pada tahun 2016 silam menggantikan sistem 3 in 1.

Baca juga: Luncurkan fitur baru Reels, Instagram kena sindir TikTok di Twitter

Sebelum peraturan ini diadopsi oleh pemerintah Jakarta, beberapa kota lain ternyata pernah menerapkan peraturan tersebut.

Melansir lifepal, berikut adalah 5 kota yang sudah lebih dulu menerapkan peraturan ganjil genap sebelum Jakarta.

Paris, Perancis

Kota yang terkenal dengan Menara Eiffel dan keromantisannya ini menjadi salah satu kota yang juga menerapkan sistem ganjil genap di beberapa ruas jalannya.

Pemerintah setempat mengimplementasikan peraturan ini karena jumlah kendaraan yang makin banyak dan polusi yang parah.

Paris, Perancis. Foto: Pascal Weiland di Unsplash

Kebijakan ini diterapkan pada 2014 silam dari pukul 05.30 pagi hingga tengah malam. Hasilnya, angka kemacetan berhasil ditekan dan tingkat polusi menjadi berkurang setelah peraturan ini diterapkan.

Athena, Yunani

Kota yang berada di wilayah selatan Eropa ini menerapkan peraturan ganjil genap sejak 2012. Menjadi salah satu destinasi wisata terkenal dunia, yang membuat lalu lintas menjadi padat, membuat otoritas setempat menerapkan aturan tersebut.

Athena,Yunani. Foto: Yang Yang di Unsplash

Sejak diberlakukan, ganjil genap di Athena berlaku dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam di hari Senin sampai Kamis, serta jam 7 pagi hingga jam 3 siang untuk hari Jumat.

Namun, beberapa studi menyebut peraturan ini justru membuat warga membeli kendaraan dengan plat nomor keduanya, sehingga bisa bebas melintas di jalanan mau tanggal berapa saja.

Beijing, China

Ibu kota China ini memang terkenal dengan kemacetan dan polusi udara yang buruk. Pemerintah kota Beijing menerapkan aturan ganjil genap sejak tahun 2008 silam.

Beijing, China. Foto: Unsplash

Penerapan itu bertepatan dengan diadakannya olimpiade tahun 2008 di kota tersebut. Hasilnya cukup memuaskan, di mana sekitar 40 persen emisi gas buang berkurang pasca diterapkannya sistem ini.

Bogota, Kolombia

Sistem ganjil genap di kota Bogota, Kolombia ini dikenal dengan nama Pico y Placa. Kota berpenduduk 7,4 juta jiwa ini dikenal dengan lalu lintas yang padat dan sibuk.

Bogota, Kolombia. Foto: Random Institute di Unsplash

Pemerintah setempat pun memanfaatkan waktu jam sibuk dua hari dalam seminggu untuk memaksimalkan cara ini. Sayangnya metode ini kurang cocok dan bisa dibilang gagal, lantaran warga Bogota memilih untuk berkendara di luar jam sibuk.

Mexico City, Mexico

Sistem ini dikenalkan di Mexico City pada tahun 2989 di mana bagi warga yang melanggar bakal mendapat denda yang lumayan besar.

Aturan di Mexico City dikenal dengan nama Hoy No Circula. Setelah diterapkan, hasilnya cukup memuaskan. Beberapa ruas jalan di kota ini menjadi lengang dan kualitas udara meningkat 11 persen lebih baik dari sebelumnya.

Mexico City, Mexico. Foto: Carlos Aranda di Unsplash

Itulah 5 kota yang sudah lebih dulu menerapkan peraturan ganjil genap sebelum Jakarta. Buat kamu yang tinggal di Jakarta, alangkah baiknya menaati peraturan ini ya, biar jalanan enggak macet dan membantu kurangi polusi. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close