Trending

Sebelum kena KPK, Mensos Juliari sosok inspiratif pandemi dan menteri terpopuler

Menteri Sosial Juliari P. Batubara jadi trending perbincangan setelah tersangkut kasus dugaan suap bantuan sosial Covid-19. Setelah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) atas pejabat Kementerian Sosial dan swasta, KPK pada 6 Desember 2020 dini hari menetapkan Juliari sebagai tersangka korupsi bansos Covid-19. Sebelum kena KPK, Mensos Juliari raih beberapa penghargaan dan pujian lho.

Sebelumnya tersangkut masalah dan kena KPK, Mensos Juliari merupakan profil menteri yang dinilai bagus. Pujian dan penghargaan dicapai oleh Juliari. Bahkan kalangan DPR memuji betul kinerja Juliari lho. Penasaran nggak sama apa saja sih pujian untuk Juliari?

Penghargaan sosok inpiratif

Menteri Sosial Juliari Batubara
Menteri Sosial Juliari Batubara. Foto Humas Kemensos.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mendapat predikat sebagai sosok inspiratif dalam penanganan dampak pandemi dari Majalah Gatra.

Dikutip dari website Kemensos, Gatra menilai Mensos Juliari banyak melakukan inovasi dan terobosan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui jaring pengamanan sosial di tengah suasana pendemi.

Dalam ajang Gatra Awards 2020, Mensos Juliari menerima penghargaan “Dedikasi dan Pengabdian Tanpa Batas”, dalam kategori: “Sosok Inovatif Peningkatan Kesejahteraan Melalui Program Jaring Pengaman Sosial”. Mensos Juliari menyampaikan apresiasi atas penghargaan ini.

“Ajang ‘Gatra Awards 2020’ merupakan bentuk keperdulian media memastikan dan memotivasi semua elemen masyarakat, pemerintah, swasta, maupun individu terus berkontribusi positif terhadap masyarakat, bangsa dan negara,” kata Mensos Juliari dalam pernyataannya terhadap penghargaan ini, 1 Desember 2020.

Belakangan setelah Juliari tersangkut di KPK, Gatra mencabut penghargaan untuk Mensos tersebut.

Direktur Utama PT Era Media Informasi, Hendri Firzani menegaskan, pihaknya menghormati proses hukum yang sedang dilakukan KPK. Selain itu, untuk tetap menjunjung tinggi nilai nilai independensi media, maka diputuskan untuk tidak meneruskan pemberian penghargaan ini. “Sebagai tanggungjawab kepada publik dan menjaga independensi jurnalistik di GATRA Media Group, penghargaan untuk Menteri Sosial kami batalkaan,” kata Hendri dikutip dari Gatra.com

Menteri Sosial Juliari P. Batubara jadi trending perbincangan setelah tersangkut kasus dugaan suap bantuan sosial Covid-19.
Setelah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) atas pejabat Kementerian Sosial dan swasta, KPK pada 6 Desember 2020 dini hari menetapkan Juliari sebagai tersangka korupsi bansos Covid-19.

Menteri terpopuler

Menteri Sosial Juliari Batubara
Menteri Sosial Juliari Batubara. Foto Humas Kemensos

Menteri Sosial Juliari P. Batubara meraih predikat sebagai Pemenang The 2nd Anugerah HUMAS INDONESIA Kategori Menteri Terpopuler di Media Digital 2020.

Mensos Juliari menyatakan, apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Saat ini hampir semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh teknologi digital dengan karakter serba cepat, massif, dan saling terhubung satu sama lain.

Menurut dia, era digital membuat partisipasi semua kalangan masyarakat meningkat.

“Masyarakat sekarang dengan mudah memonitor dan mempengaruhi kebijakan pemerintah. Mereka juga tidak segan untuk mengungkapkan harapan, dan masukannya kepada pemerintah. Untuk itu, sebagai abdi masyarakat, kita dituntut untuk bekerja keras, dan responsif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya dikutip dari laman Kemensos.

AHI 2020 merupakan barometer pencapaian tertinggi kinerja departemen/biro/bagian humas/dinas kominfo. Keseluruhan penghargaan berbasis penilaian jumlah eksposur positif tertinggi di media online.

Bersama Mensos, AHI 2020 juga menanugerahkan predikat sama untuk Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

Sebelum kena KPK, Mensos Juliari dipuji mitra DPR

Menteri Sosial Juliari Batubara dalam rapat dengan mitra DPR
Menteri Sosial Juliari Batubara dalam rapat dengan mitra DPR. Foto Humas Kemensos

Selain penghargaan, pencapaian Kementerian Sosial di bawah kepemimpinan Mensos Juliari juga dipuji mitranya di parlemen lho.

Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto memuji kinerja anggaran Kementerian Sosial. Di bawah kepemimpinan Menteri Sosial Juliari P. Batubara, serapan anggaran Kemensos tertinggi di antara K/L dan pengelolaannya tepat sasaran. Tercatat, realisasi anggaran Kemensos mencapai 82,30 persen.

“Saya mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial selama satu tahun terakhir. Kinerjanya bagus. Dengan anggaran yang terus meningkat, dan bahkan nomer terbesar, namun serapan anggarannya paling tinggi (di antara K/L) dan penyaluran tepat sasaran,” kata Yandri di Jakarta 22 Oktober 2020 dikutip dari laman Kementerian Sosial.

Anggota Fraksi PAN DPR RI ini berpendapat, kinerja kementerian/lembaga (K/L) bisa dilihat dari serapan anggarannya. Bila serapan baik, maka kinerjanya juga baik. Apalagi bila belanjanya tepat sasaran sebagaimana terjadi pada Kemensos.

“Kalau serapannya tinggi, itu berarti kinerjanya baik. Sebaliknya kalau SILPA-nya (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan) tinggi, kinerjanya juga kurang baik. Karena kinerja mengikuti serapan anggaran,” kata wakil rakyat Daerah Pemilihan Banten II ini.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close