Trending

Sebut bank riba tapi punya rekening, Munarman: Cuma buat nampung duit kok

Eks Sekretaris Umum atau Sekum FPI, Munarman baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan. Pada wawancara khusus bertajuk ‘Blak-blakan’, Munarman mengatakan, menabung di bank merupakan perilaku riba. Padahal, dia diketahui memiliki rekening pribadi di bank konvensional.

Munarman menjelaskan, rekening pribadinya tersebut dia buat pada lima atau enam tahun lalu. Meski menggunakan nama dan identitasnya, namun bukan dia yang mengelola rekening tersebut, melainkan adik-adiknya.

“Itu (rekening pribadi) bukan saya yang mengelola. Itu adik-adik saja (yang pegang), dia yang pegang buku-bukunya, tapi atas nama saya karena mereka percaya sama saya. Kira-kira begitu. Jadi normal-normal saja,” ujar Munarman, dikutip Rabu 13 Januari 2021.

Munarman. Foto: Suara.

Lebih jauh, Munarman menjelaskan, rekening tersebut dibuat hanya untuk menampung uang dia, keluarga, dan para saudaranya. Sehingga, secara tak langsung dia hendak memberi tahu, bahwa tak ada transaksi lain menggunakan rekeningnya tersebut.

“Jadi (di rekening itu) ada uang pensiunan bapak saya, ada uang pensiun ibu saya yang sakit, ada uang sumbangan dari saudara kandung saya, baik kakak dan adik saya, ditaruhnya di situ. Kegunaannya untuk sewaktu-waktu membelikan obat ibu saya yang sedang sakit,” terang Munarman.

“Jadi rekening itu memang lebih kepada tempat penampungan (uang),” sambungnya.

Mengapa Munarman tak pakai bank syariah?

Pada kesempatan yang sama, Munarman mengaku menggunakan bank konvensional milik negara. Dia beralasan, keputusannya lebih memilih bank konvensional ketimbang syariah terdorong dari kemudahan aksesnya. Sebab, kata dia, bank tersebut paling dekat dari kediaman ibunya.

“Kenapa (saya pakai bank konvensional)? Itu karena kemudahan saja. Deket rumah saya dan ibu kan adanya bank BNI, jadi ya demi kemudahan saja,” tegasnya.

Munarman. Foto: Suara
Munarman. Foto: Suara

Diketahui, seperti yang diberitakan sebelumnya, Munarman mengklaim dirinya telah menjauhi riba dan praktik perbankan sejak lama. Namun, ucapannya tersebut seakan berlawanan dengan kenyataan, lantaran dia diketahui memiliki rekening pribadi yang baru-baru ini diblokir pemerintah.

“Saya sendiri secara pribadi sebenarnya tidak punya rekening, saya tidak menggunakan perbankan karena memang saya tak mau lagi terlibat dalam hal-hal yang sifatnya riba, bunga, begitu ya,” kata Munarman.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close