Trending

Sebut Jokowi lebih baik dari Trump, Rocky Gerung: Ini lebih dari musibah

Ungkapan mengejutkan diucapkan pengamat politik Rocky Gerung soal Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pakar politik Universitas Indonesia (UI) ini menyebut bahwa Presiden Amrika Serikat Donald Trump tak lebih baik dari Jokowi.

Dalam perbincangan dengan Adamsyah Wahab di kanal YouTube, Don Adam Channel yang diunggah Rabu 15 Juli. Rocky Geurung tegas menyatakan bahwa Jokowi lebih baik daripada Trump.

Baca juga: Rocky Gerung dilarang tampil di ILC lagi? Ini jawaban tvOne

Cukup mengejutkan mengingat selama ini RG dikenal sebagai orang yang konsisten mengkritik Jokowi. Penegasan itu disampaikan langsung Rocky Gerung saat Don Adam menyajikan pertanyaan pilihan tentang siapa yang lebih baik di antara keduanya.

Topik soal Jokowi awalnya dipicu pertanyaan Adamsyah, “Jokowi adalah presiden terlemah yang pernah dimiliki indonesia, sikap anda?”

Dengan sigap, Rocky menjawab, “Ya lebih dari setuju.”

Mantan dosen filsafat UI Rocky Gerung. Foto: Instagram Rocky.
Mantan dosen filsafat UI Rocky Gerung. Foto: Instagram Rocky.

Menurut RG, dibandingkan dengan Trump, Jokowi masih lebih baik, dan mudah di prediksi.

“Jokowi itu lebih mudah untuk kita prediksi karena kesederhanaan idenya. Trump itu rumit, penasehatnya itu rumit semua. kalau penasehat jokowi itu semua sederhana, jadi lebih baik memprediksi Jokowi daripada Trump,” ujar RG.

Kemudian Adamsyah menanyakan lagi apakah kepemimpinan Jokowi saat ini bagi RG merupakan musibah ataukah berkah? Dalam hal ini RG menyebut Jokowi dengan sebutan ‘disaster’ atau lebih mirip kekacauan, ketimbang musibah.

“Kalau ada kata yang lebih dalam dari musibah saya pilih itu. Musibah itu kan sesuatu yang tidak kita harapkan. Tapi pada kasus pak Jokowi, dari awal saya tau itu akan terjadi. Jadi bukian musibah lagi karena sudah diorediksi, musibah itu kan terjadi karena tidak kita prediksi,” ujarnya.

RG mengatakan bahwa dirinya sebelumnya pernah memprediksi Indonesia di tangan seorang Jokowi.

“Nah rezim ini yang dari awal saya prediksi mungkin kata yang bagus itu disaster merusak. Kalau musibah datang, kita bisa berdoa. Mestinya ada satu kalimat atau frasa untuk menggambarkan kata musibah itu lebih dari sekadar kata kecelakaan dalam sejarah politik.”

Presiden Jokowi. Foto Instagram @jokowi
Presiden Jokowi. Foto Instagram @jokowi

Lebih lanjut RG menganggap bahwa ada desain yang membuat Indoensia terjebak. “Kita terjebak dalam disater itu hari ini. Itu akan bisa diungkap dan diterangkan oleh sejarawan dan ahli politik mungkin 2 minggu setelah presiden lengser dan diungkap penyebab disaster itu,” ujarnya.

Adamsyah kembali bertanya apakah itu artinya RG yakin bahwa kepemimpinan Jokowi akan selesai. “Anda yakin presiden lengser dan tidak menjabat di 2024?”

“Saya bahkan merencanakan itu,” ujar RG.

RG adalah pengamat politik kelahiran manado (1979) Ia memulai pendidikannya di universitas indonesia dengan bidang studi Ilmu Politik sebelum memutuskan pindah jurusan ke ilmu filsafat dan lulus tahun 1986.

Rocky sangat dekat dengan aktivis mahasiswa yang berhaluan sosialis pada zamannya.

Tahun 2005 bersama tokoh nasional Abdulrahman Wahid atau Gusdur dan Azyumardi Azra. RG juga tercatat ikut mendirikan institut setara yaitu sebuah wadah pemikiran di bidang demokrasi dan hak asasi manusia.

Selain sebagai pecinta alam dan hobi mendaki rocky yang merupakan seorang filsuf sangat menekuni dan menjalani kajian feminisme.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close