Hot

Sederhana, begini ternyata isi rumah Nabi Muhammad SAW

Sikap sederhana dan bersahaja Nabi Muhammad SAW tidak hanya ditunjukkan melalui perilakunya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dari rumah yang dihuni. Hal ini terlihat dari material bangunan yang sederhana dan jauh dari kesan mewah.

Dalam sebuah pergelaran bertajuk The Hadarah Tayiibah Exhibition yang diselenggarakan di Madinah, Arab Saudi pada 2010—2011, beberapa replika hunian Nabi Muhammad SAW pun dipamerkan ke publik luas. Replika ini dibuat dengan berpegang pada hadits yang menggambarkan keadaan rumah Nabi Muhammad.

Berikut ini merupakan beberapa potret replika hunian Nabi seperti yang dilansir dari Islamtics.

Baca Juga: Gila… Pria ini kenakan masker lapis emas Rp58 juta

replika isi rumah Nabi Muhammad SAW
replika isi rumah Nabi Muhammad SAW Foto: Islamtic

Pintu masuk terbuat dari dari tirai bermaterial kain. Para tamu yang datang tidak mengetuk pintu, melainkan langsung memanggil nama Nabi beserta surat Alhujurat.

Dalam satu ruangan terdapat tiga area berbeda, yaitu area tidur, makan, serta dapur. Ketiganya berisi furnitur dan benda-benda yang berbeda pula.

Misalnya, di area makan terlihat beberapa peralatan tajam, mulai dari panah, busur panah, pedang, dan tombak. Peralatan tersebut diduga berfungsi untuk melakukan perburuan. Selain itu, keranjang berbagai ukuran yang terbuat dari anyaman juga berjejer di lantai.

replika rumah Nabi Muhammad SAW
replika rumah Nabi Muhammad SAW Foto: Islamtics

Di perbatasan area makan dan tidur, terdapat tongkat yang digunakan Nabi secara khusus untuk berjalan dan bersandar ketika memberikan khotbah. Tongkat tersebut disandarkan secara vertikal ke dinding rumah.

Terlihat pula peralatan dapur dan perabotan yang terbuat dari tembikar dan tanah liat.

Sementara di area tidur, terdapat selimut dan karpet yang terbuat dari material berbulu. Ranjang yang digunakan pun sederhana. Mirip seperti dipan yang terbuat dari bahan kayu ataupun bambu. Disebutkan pula bahwa bantal yang digunakan Nabi Muhammad untuk tidur merupakan batu bata.

Atap rumah terbuat dari ranting dan dedaunan pohon palem. Jika hujan, maka dapat dipastikan beberapa bagian dalam rumah akan kebasahan. Selain itu, bagian dinding dan lantai hanya terbuat dari material serupa tanah.

Minimnya perabotan dan furniture di dalam rumah, membuat ruangan terlihat lega dan luas. Tidak ada barang yang mencolok ataupun terkesan mewah. Sangat sederhana, bukan? (re2)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close