Trending

Segera cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id, ini panduannya

Bagi Anda penerima bansos tunai Rp 300 ribu, bisa cek melalui laman dtks.kemensos.go.id. Bantuan sosial tunai alias BST sebesar Rp 300 ribu sendiri merupakan program dari Pemerintah terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Bansos tunai alias BST sendiri disalurkan dengan jumlah Rp 300 ribu per KPM selama empat bulan. Yakni dari Januari sampai April 2021.

Lantas, yang tentu menjadi pertanyaan, bagaimana cara cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu ini? Untuk diketahui, penyaluran BST sendiri bakal dibagikan ke masing-masing rekening penerima.

Adapun dananya akan ditransfer ke bank Himpunan Bank Negara (Himbara), seperti Mandiri, BNI, dan BTN. Selain itu, pencairan juga bisa dilakukan melalui kantor cabang, atau e-warung menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki.

Mesin ATM
Mesin ATM. Photo: Pixabay

Cara cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu

Untuk mengeceknya, ada beberapa tahapan yang mesti Anda lakukan. Apa saja? Berikut seperti dikutip dari laman dtks.kemensos.go.id:

  1. Langkah pertama, buka laman dtks.kemensos.go.id.
  2. Berikutnya, pilih ID Kepesertaan yang diinginkan. Pilihan yang tersedia yakni NIK, ID DTKS/BDT, Kartu Sembako/BPNT, dan Nomor PBI JK/KIS.
  3. Langkah ketiga, masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih.
  4. Berikutnya, masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih.
  5. Kelima, Masukkan kode yang tertera.
  6. Selanjutnya, klik Cari.
  7. Lalu akan muncul keterangan apakah ID yang diinput terdaftar atau tidak di DTKS.

Cara cairkan bansos tunai Rp 300 ribu di kantor pos

Sementara itu, disitat Kompas TV, penerima juga bisa datang ke kantor pos untuk mencairkan bansos tunai Rp 300 ribu.

Ilusrasi rupiah dan dolar. Foto: Antara.
Ilusrasi rupiah dan dolar. Foto: Antara.

Di mana syaratnya masyarakat penerima harus membawa surat undangan dari Ketua RT saat datang ke kantor pos. Selain itu, masyarakat harus membawa KTP atau Kartu Keluarga.

Usai memperlihatkan KTP atau KK, petugas akan melakukan scan barcode yang tertera di surat undangan. Masyarakat dapat menerima bantuan ini tanpa potongan tiap bulan sekali.

Untuk diketahui, penerima bansos tunai ini adalah 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) seluruh Indonesia. Apakah BST akan diperpanjang, sejauh ini Kemensos masih terus akan membicarakannya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close