Hobi

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, bermula dari raja rally dakar

Siapa tak kenal Mitsubishi Pajero Sport saat ini, SUV yang banyak dilirik konsumen yang suka dengan gaya gagah dan desain kuat. Kesuksesan Mitsubishi Pajero Sport juga menorehkan sejarah panjang di dunia rally serta di Indonesia khususnya.

Mitsubishi Pajero Sport pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009, sebagai generasi kedua yang dipasarkan. Hadir sebagai mobil dengan konsep kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV), menjadikan Mitsubishi Pajero Sport dipercaya konsumen sebagai kendaraan tangguh segala medan.

Mendukung ketangguhan yang bukan kaleng-kaleng, Mitsubishi Pajero Sport sudah dibekali dengan mesin DOHC Commonrail Turbocharged and intercooled berkapasitas 2.5 lite 4 silinder inline.

Mitsubishi Pajero Sport
mitsubishi suntik mati Pajero Sport Foto: Ist

Dari mesin berkode 4D54 ini, tenaga yang mampu dihasilkan Mitsubishi Pajero Sport mencapai 136 Ps dengan besaran torsi hingga 324 Nm. Tenaga mesin yang terbilang cukup besar dikelasnya.

Dua tahun berkiprah di pasar otomotif nasional, Mitsubishi Pajero Sport rupanya tak ingin kalah saing sebagai SUV berkarakter dan bertenaga besar. Penyempurnaan kemudian dilakukan di sektor pacunya menggunakan penambahan Variable Geometry Turbo pada mesin 2.5 liter DI-D Commonrail.

Era 2010 memang teknologi VGT memang cukup trend di mesin turbo diesel, bahkan brand ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar pernah mengungkap teknologi VGT pada mesin yang tujuannya meningkatkan tenaga pada sektor mesin.

Mitsubishi New Pajero Sport. Foto: Antara
Mitsubishi New Pajero Sport. Foto: Antara

 

“Turbo sebenarnya adalah teknologi yang sudah cukup lama ditemukan, namun ketika itu lebih dikenal sebagai turbo konvensional. Pada dasarnya, turbo adalah sebuah perangkat yang dipasang di mesin kendaraan yang tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan tenaga dari kapasitas mesin yang ada. Pada saat ini kita lebih mengenalnya dengan nama variable geometry turbo atau disingkat VGT,” jelas Rifat.

Sementara cara kerja turbo diibaratkan oleh Rifat seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). “Turbo itu seperti turbin atau PLTA yang menggunakan baling-baling, kipas, atau semacamnya. Jika air ditembak dari atas, otomatis kipas akan berputar lebih cepat, namun kalau sudut penembakannya miring, maka kipas berputar lebih lambat,” ujarnya.

“Begitu juga dengan VGT. Ia dilengkapi dengan satu ring yang memiliki kisi-kisi yang bisa mengatur sudut datang angin yang nantinya berfungsi untuk memutar turbo. Kisi-kisi ini bisa mengecil dan membesar dengan sendirinya. Prinsip kerjanya adalah, jika angin datang dengan kondisi kisi-kisi yang besar, otomatis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memutar turbo. Sebaliknya, dengan kondisi kisi-kisi yang kecil, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan boost dari turbo itu,” jelasnya.

Mitsubishi sendiri tentu bukan tanpa alasan menyematkan perangkat VGT pada Mitsubishi Pajero Sport. Mengingat model SUV bertenaga ini harus tetap bisa menjadi raja SUV baik dari desain maupun tenaga mesinnya, layaknya sejarah Pajero yang sudah teruji di balap rally dunia.

Sederet prestasi mampu ditorehkan Mitsubishi Pajero sebagai penguasa balap rally terganas di dunia yakni Rally Dakar. Ketangguhan dan kemampuan yang telah teruji di ajang balap mobil terganas di dunia tersebut, menjadi implementasi lahirnya produk berkualitas yang dilahirkan yakni Mitsubishi Pajero Sport.

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport Foto: Doc MMKSI

“Ketika kita berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Karena Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar. Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Nama besar Mitsubishi Pajero sendiri bukan hanya sekali dua kali menaklukkan ganasnya rute Rally Dakar terkeras di dunia. Tercatat SUV tangguh ini sejak 1985 telah mendominasi kejuaraan Rally Dakar.

Pencapaian tersebut terus terulang dan mendominasi sebagai juara Rally Dakar pada tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007. Saat itulah Mitsubishi mencoba mengimplementasikan ketangguhan Pajero versi Rally Dakar sebagai kendaraan penumpang dengan genetika model SUV.

Generasi Pertama

Dari sinilah lahir generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport yang mulai dikembangkan sebagai kendaraan penumpang. Saat itu memiliki nama Mitsubishi Challenger yang meluncur pada 1996. Desain generasi pertama jika dilihat cenderung kotak namun sudah terlahir dengan postur gagah dan kokoh.

Sejak diproduksi di Jepang, Mitsubishi Challenger hanya dipasarkan untuk wilayah domestik saja. Setahun kemudian Mitsubishi mulai memasarkan ke beberapa negara lain, dengan penamaan yang berbeda sebagai merek dagangnya.

Seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand). Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada tahun 2003 dan Brazil tahun 2006.

Di Indonesia sendiri Mitsubishi Pajero Sport saat ini telah memasuki generasi ketiga yang sudah dipasarkan dan diluncurkan untuk konsumen di tanah air. Perubahan dari desain terbaru mengusung bahas desain global yang identik dengan gaya headlamp dynamic shield.

Setahun kemudian, MMC memperkenalkan generasi ketiga Pajero Sport untuk pertama kalinya di Thailand. Namun baru pada tahun 2016, atau tepatnya setahun setelah diluncurkan di Thailand, Indonesia menerima Pajero Sport generasi ketiga tersebut.

Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield khas Mitsubishi di bagian depan. Di balik kapnya, dibenamkan mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.

Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini dilengkapi dengan transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga lebih nyaman dan mudah dikendarai di berbagai medan. Pada tahun 2019 lalu MMC memperkenalkan penyegaran untuk Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga di Thailand.

Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga hari ini, populasi Pajero Sport di Indonesia telah mencapai 160.000 unit.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close