Hobi

Sejarah Toyota War, produk Jepang tapi tempur adu kuat di benua Afrika

Sejarah pernah mencatat, terjadi sebuah perang yang dijuluki sebagai Perang Toyota alias Toyota War. Uniknya perang yang diberi nama sebuah merek mobil pabrikan Jepang itu justru terjadi kawasan Afrika.

Usai berakhirnya perang dunia kedua, ternyata perselisihan di setiap negara tak selesai begitu saja. Hingga kini, sejumlah negara masih mengalami masalah yang pelik, baik konflik yang terjadi di dalam negeri maupun dengan negara lain.

Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero ternyata lahir dari gurun pasir

Namun apa jadinya, jika dalam sebuah peperangan melibatkan sebuah merek mobil yang asalnya saja jauh dari lokasi pertempuran tersebut.

Pada pertengahan tahun 1980-an, pernah terjadi sebuah konflik antara Libya dengan Chad yang hingga kini dijuluki sebagai Toyota War.

Meski menyebut nama merek mobil, dalam pertempuran ini bukan berarti melibatkan pihak Toyota secara langsung dalam pertempuran yang terjadi. Hanya saja, dalam peperangan yang dikenal dengan nama Chad-Libya memiliki sebutan lain sebagai Perang Toyota alias Toyota War.

Nah, lantas mengapa perang tersebut mendapat julukan sebagai Toyota War?

Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: unav.edu
Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: unav.edu

Menurut berbagai sumber, peperangan itu dijuluki sebagai Toyota War lantaran kendaraan-kendaraan yang ditunggangi dalam pertempuran yang terjadi merupakan mobil bermerk Toyota yang berasal dari berbagai jenis.

Kehadiran mobil-mobil Toyota dalam peperangan diduga karena adanya campur tangan Prancis yang mengirimkan bantuan dalam hal kendaraan tempur.

Namun uniknya, bukan mengirim kendaraan-kendaraan tempur berat seperti panser ataupun tank, pihak Prancis justru mengirimkan mobil-mobil Toyota yang sebagian besar berjenis pikap (Pick up).

Kabarnya, mobil merek Toyota dipilih dalam pertempuran itu karena harganya yang jauh lebih terjangkau ketimbang kendaraan tempur lainnya. Selain itu, mobil pabrikan Toyota juga dinilai kuat dalam menghadapi medan-medan seperti bukit berpasir.

Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: PRI.org
Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: PRI.org

Mobil-mobil ini pun memikul beban yang cukup berat lantaran bukan digunakan untuk mengangkut barang dan sejumlah tentara saja, melainkan menjadi kendaraan ujung tombak dalam peperangan Chad-Libya.

Dalam peperangan yang berlangsung antara 16 Desember 1986 hingga 11 September 1987 ini, tentara Chad memodifikasi mobil Toyota menjadi kendaraan tempur yang cukup diperhitungkan.

Tak hanya diisi oleh belasan tentara yang membawa senjata, mobil ini juga ditanamkan sejumlah senjata berat seperti machine gun, anti tank hingga peluncur roket.

Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: voicesfromthefog
Sejarah perang toyota (Toyota War). Foto: voicesfromthefog

Meski begitu, tak ada data yang menyebutkan berapa banyak jumlah mobil merek Toyota yang terlibat dalam peperangan ini.

Mobil pabrikan Negeri Sakura yang mulanya diremehkan jadi kendaraan tempur ini, menjadi salah satu kunci keberhasilan pasukan Chad dalam mengalahkan pihak Libya.

Kendati demikian, peperangan bukanlah jalan terbaik dalam menyelesaikan sebuah konflik. Setidaknya, dalam peperangan ini memakan korban tewas hingga sekitar 8.500 jiwa dari kedua belah pihak.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close