Unik

Selain bikin ruangan jadi estetik, berikut 5 kelebihan lantai vinyl lainnya

Kekinian, lantai vinyl sedang digandrungi para kaum pecinta keestetikan. Disinyalir, memang lantai vinyl atau karpet vinyl membuat ruangan menjadi lebih estetik dan cocok untuk berbagai konsep interior. Namun, tidak hanya membuat ruangan estetik, lantai Vinyl juga punya 5 kelebihan lainnya. Apa saja? Simak selengkapnya.

Sebelum membahas kelebihannya, alangkah lebih baik mengetahui dulu apa itu karpet atau lantai vinyl. Karpet vinyl adalah bahan penutup permukaan lantai yang terbuat dari bahan PVC dan pasir putih. Hasilnya tercipta material yang memiliki daya lentur, baik, dan nyaman dipijak kaki telanjang yang disitat dari Dekoruma.

Kelebihan karpet atau lantai vinyl

1. Awet

Tidak bisa dipungkiri bahwa karpet vinyl mempunyai tingkat ketebalan yang tipis. Namun jangan salah, walaupun tipis, karpet vinyl mempunyai kekuatan yang sangat baik. Menurut para produsen karpet, bahan vinyl bisa bertahan hingga 20 hingga 25 tahun.

Ruangan menggunakan lantai vinyl. Foto: Pinterest
Ruangan menggunakan lantai vinyl. Foto: Pinterest

Salah satu faktor yang menjadikannya awet karena campuran bahan kimia yang digunakan. Berkat ketahanannya yang menakjubkan, karpet vinyl bisa membantu meningkatkan nilai atau harga rumah jika suatu hari rumah hendak dijual, lho!

Untuk penggunaan luar, karpet vinyl juga bisa jadi pilihan. Karpet ini tahan terhadap pergantian cuaca seperti sinar matahari atau air hujan.

2. Tekstur nyaman

Tekstur halus karpet vinyl tentu nyaman untuk diinjak dengan kaki telanjang atau diduduki. Hal ini disebabkan oleh lapisan bawah karpet vinyl yang mengandung busa.

Ruangan menggunakan lantai vinyl. Foto: Pinterest
Ruangan menggunakan lantai vinyl. Foto: Pinterest

3. Banyak pilihan warna dan motif

Karpet vinyl mempunyai berbagai macam warna dan motif. Dimulai dari warna gelap hingga terang dan motif kayu hingga batu alam. Dengan demikian, kita bisa menyesuaikan warna dan motif sesuai konsep interior yang diinginkan. Tak heran jika karpet vinyl sangat populer dan diburu banyak orang.

Warna dan motif karpet vinyl. Foto: Pinterest
Warna dan motif karpet vinyl. Foto: Pinterest

4. Pemasangan dan perawatan mudah

Jangan pikir bahwa pemasangan dan perawatannya sulit, ya! Faktanya, karpet vinyl ini cukup mudah dipasang tanpa bantuan tukang atau kuli bangunan.

Pemasangan karpet vinyl. Foto: Bjo consulting
Pemasangan karpet vinyl. Foto: Bjo consulting

Kamu hanya perlu merekatkannya ke permukaan lanti yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Tidak perlu di atas semen atau plesteran, bisa langsung dipasangkan di atas lantai keramik yang sudah terpasang di rumahmu.

Untuk perawatannya, cukup disapu dan dipel secara rutin. Tidak perlu khawatir akan hancur karena bahan vinyl mampu menyerap air dan noda. Jika sampai terjadi kerusakan seperti sobek, kamu bisa dengan mudah menambalnya tanpa perlu membongkar seluruh bagian karpet.

5. Mengandung sedikit PVC

Karpet vinyl dibuat dengan bahan PVC yang mengadung zat VOC. Zat ini mampu mencemari udara di dalam ruangan dan bisa membahayakan kesehatan pengghuninya.

Lantai lorong menggunakan lantai vinyl. Foto: Pinterest
Lantai lorong menggunakan lantai vinyl. Foto: Pinterest

Namun tak perlu khawatir, kini produsen karpet vinyl sudah mulai mengurangi kadar PVC tanpa mengurangi kualitasnya.

Jadi, bagaimana Hopers? Sudah makin yakin untuk mengganti lantai di rumahmu menjadi karpet vinyl?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close