Trending

Sempat bikin heboh, 6 potret penampakan misterius di Google Earth

Sejumlah penampakan misterius di Google Earth sempat membuat heboh jagat media sosial. Sejumlah pihak menilai potretnya tak sekadar fenomena alam melainkan terdapat konspirasi.

Salah satu situs berbasis globe virtual milik google biasanya dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk mencari alamat berupa titik koordinat.

Baca juga: Viral curhat wanita nasrani disuruh berhijab: Salib saya kurang gede kali ya

Hasilnya, Google Earth mampu menampilkan bentuk permukaan bumi secara menyeluruh dalam bentuk tiga dimensi. Sehingga para penggunanya bisa melihat daratan maupun lautan dari atas secara jelas.

Dengan demikian, setiap orang bisa yang mengakses website itu dapat dengan mudah melihat sejumlah fenomena yang ada di muka bumi.

Hanya bermodalkan jaringan internet, rasa-rasanya kamu bisa berkeliling ke sejumlah tempat layaknya Aladdin dengan karpet terbang ajaibnya.

Kamu bisa melihat gambar bumi dalam bentuk citra satelit, sehingga berbagai objek seperti rumah, gedung, jalanan, gunung, danau, sungai, dan sejumlah bentuk lainnya dapat dengan jelas terlihat dari atas.

Nah, ternyata adanya Google Earth tak hanya membantu kita dalam mencari titik kordinat sebuah alamat. Di sisi lain, jika beruntung kamu bisa menemukan fenomena-fenomena misterius yang ada di permukaan bumi.

Buat kamu yang suka misteri dan hal-hal klenik, berikut 6 potret penampakan misterius yang pernah tertangkap Google Earth:

Lambang Pentagram

Lambang yang kerap dikaitkan dengan konspirasi kehadiran kelompok illuminati ini pernah menggemparkan media sosial lantaran terdapat di citra satelit Google Earth.

Lambang Pentagram di Kazakhstan. Foto: sciencetechmystery.blogspot.com
Lambang Pentagram di Kazakhstan. Foto: sciencetechmystery.blogspot.com

Lokasi penemuan lambang pentagram raksasa ini berada di salah satu wilayah terisolasi di Kazakhstan. Meski sejumlah orang menilai bahwa lambang itu berkaitan dengan kelompok pemujaan tertentu, ternyata penampakan tersebut hanyalah sebuah taman raksasa yang garis-garisnya menyerupai bentuk pentagram.

Ilusi pulau hitam

Meski bentuknya hampir menyerupai sebuah kapal berwarna hitam yang sudah lama terkubur di dasar laut, namun pada tahun 2012 para peneliti Australia mengemukakan bahwa pihaknya telah menemukan sebuah daratan seukuran Pulau Manhattan, New York.

Sandy Island. Foto: MessageToEagle
Sandy Island. Foto: MessageToEagle

Oleh para peneliti, pulau yang terletak di barat laut Kaledonia baru (Pasifik Selatan) itu disebut sebagai Sandy Island. Namun ketika para peneliti mengunjungi lokasi dan titik kordinat tersebut ternyata Pulau Sandy tidak ada. Kemungkinan besar, pulau itu tercipta lantaran adanya kesalahan satelit dalam menangkap citra.

Mulut raksasa

Kalau kamu menelusuri daerah di sekitar negara Sudan, jangan kaget bila menemukan sebuah mulut manusia raksasa. Bentuk yang menyerupai mulut sedang tertutup itu semakin jelas terlihat lantaran bibirnya yang berwarna merah merona seperti bibir manusia.

Penampakan mulut bibir merah di Sudan. Foto: PickChur
Penampakan mulut bibir merah di Sudan. Foto: PickChur

Ketika ditelusuri, ternyata bibir tersebut merupakan fenomena alam yang tanpa sengaja terbentuk dengan sendirinya. Bukit yang terlihat seperti gumukan pasir ini terdapat di wilayah Gharb Darfur, Sudan.

Spiral gerbang dunia lain

Berbentuk spiral raksasa dan bisa terukir secara rapi, membuat sejumlah pihak terutama para penggemar konspirasi menilai bahwa fenomena ini mirip seperti gerbang menuju alam lain persis seperti yang terdapat di beberapa film fiksi.

Spiral aneh di Mesir. Foto: thelivingmoon.com
Spiral aneh di Mesir. Foto: thelivingmoon.com

Tak jauh dari lokasi itu, terlihat pula garis yang diduga sebagai citra jalanan transportasi.

Namun diketahui lebih lanjut, spiral ini merupakan karya seni milik tiga seniman Danae Stratou, Alexandra Stratou, dan Stella Constantinides. Entah bagaimana cara membuatnya, yang pasti mereka mengukir bentuk spiral di atas pasir tersebut pada tahun 2007 silam di Mesir.

Genangan darah

Beberapa waktu lalu, jagat media sosial pernah dihebohkan dengan keberadaan sebuah danau yang memerah seperti genangan darah. Danau tersebut berlokasi di Kota Sadr City, Irak.

Danau darah di Irak. Foto: charismaticplanet.com
Danau darah di Irak. Foto: charismaticplanet.com

Kendati demikian, para peneliti mewajarkan adanya danau merah itu, lantaran fenomena seperti itu kerap dijumpai di perairan yang diisi oleh bakteri dan ganggang yang hidup dan mengeluarkan sebuah pantulan cahaya pigmen berwarna merah darah.

Lukisan raksasa di Gurun

Sebuah lukisan raksasa terukir indah di kawasan gurun terluas di Asia. Meski lukisan tersebut tak terlalu jelas bentuknya, lokasinya yang terdapat di Gurun Gobi, Republik Rakyat China membuat sejumlah orang berspekulasi bahwa lukisan itu merupakan lokasi rahasia.

Penampakan aneh di Gurun Gobi. Foto: obertcargill.com
Penampakan aneh di Gurun Gobi. Foto: obertcargill.com

Alasan itu diperkuat karena lokasinya yang berdekatan dengan pangkalan militer RCC. Diduga kuat, di tempat inilah adanya bangunan-bangunan tersembunyi sebagai uji coba peralatan keamanan militer.

Selain itu, pihak lain menilai bahwa garis itu terbentuk dari sebuah antena raksasa yang biasa dipakai untuk memprediksi cuaca dan meneliti lapisan atmosfer. (CTH)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close