Hobi

Senin 14 Desember 2020 ada Gerhana Matahari Total, streaming di sini!

Kali ini, Hops.id bakal memberikan link streaming fenomena astronomi Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada hari ini, Senin 14 Desember 2020.

Menjelang penutupan tahun 2020, terdapat sejumlah fenomena astronomi yang terjadi di langit planet Bumi. Salah satunya adalah Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada hari ini, Senin 14 Desember 2020.

Dilansir dari lamanĀ Space, peristiwa yang relatif langka ini terjadi ketika Bulan menyapu langit siang hari dan sepenuhnya menutupi cakram Matahari, dan secara singkat memblokir seluruh tubuh Matahari kecuali lapisan terluarnya.

Tapi sayangnya, Gerhana Matahari Total yang akan terjadi hari ini, 14 Desember 2020 tidak melintasi langit Indonesia. Gerhana ini dilaporkan hanya terjadi di wilayah Benua Amerika Selatan, tepatnya di Argentina dan Chile. Selain itu, gerhana juga akan terlihat secara parsial di sebagian wilayah Afrika barat daya.

Gerhana Matahari Total. Foto: Karen Kayser di Unsplash

Gerhana Matahari Total ini akan dimulai di Samudra Pasifik. Kemudian akan berlanjut di dekat Saavedra, Chile dan pertama kali muncul sebagai Gerhana Matahari Sebagian pada pukul 11:38 waktu setempat.

Secara totalitas, ketika Bulan benar-benar menghalangi matahari, akan dimulai di Saavedra pada jam 1 siang waktu setempat dan berlangsung selama 2 menit, 4 detik.

Jalur totalitas ini memiliki ukuran 90 kilometer, bergerak ke timur melintasi Chile dan Argentina.

Penduduk di sebagian besar Amerika Selatan dapat melihat Gerhana Matahari Parsial saat bulan seperti menggigit cakram Matahari. Benua Antartika juga akan terpapar hingga 40 persen Gerhana Matahari Parsial. Di atas garis totalitas, gerhana sebagian dapat dilihat hingga Ekuador.

Setelah 14 Desember, Gerhana Matahari berikutnya akan menjadi Gerhana Annular atau Cincin yang melewati Kanada, Greenland, dan sebagian Asia pada 10 Juni 2021 mendatang. Sementara Gerhana Matahari Total berikutnya akan muncul di Amerika Selatan pada 4 Desember 2021.

Streaming Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total. Foto: Karl Magnuson di Unsplash

Berhubung fenomena ini tidak melintas di atas langit Indonesia, para pecinta astronomi tetap bisa menikmati indahnya fenomena Gerhana Matahari Total via streaming.

Situs yang bergerak dalam bidang zona waktu, Time and Date AS, telah menyediakan layanan siaran langsung di YouTube untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total pada hari ini yang bisa diakses oleh siapa pun secara bebas dan gratis.

Nah, buat kamu yang mau streaming fenomena Gerhana Matahari Total hari ini, Senin 14 Desember 2020, kamu bisa klik link di sini atau ketuk video di bawah ini.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close