Hobi

Sering charge HP pakai powerbank? Hati-hati 4 dampak ini bisa bikin rugi

Powerbank kerap digunakan pengguna smartphone sebagai solusi saat baterai sekarat tapi tidak ada colokan listrik. Namun, powerbank kini justru makin sering digunakan dalam keadaan apapun. Padahal, penggunaan powerbank yang terlalu sering, bisa kasih dampak kurang bagus terhadap HP kamu lho.

Tak seperti charger yang asli, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya listrik yang stabil dan sesuai dengan spesifikasi HP kamu, ditambah lagi sekarang banyak beredar di pasaran powerbank dengan kualitas rendah.

Baca juga: Servis mobil gaya baru, pengemudi tak perlu keluar kabin cuma 20 menit

Lalu, apa saja sih dampak bahaya dari keseringan menggunakan powerbank untuk mengisi daya HP? Simak ulasannya yang sudah dirangkum dari Boombastis.

Merusak baterai

Banyaknya powerbank berharga murah yang beredar di pasaran ternyata tidak menjamin kualitasnya. Alih-alih mengisi daya baterai HP, powerbank tersebut justru dapat membuat baterai HP kamu rusak lho.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi pada kamu, sebaiknya belilah powerbank dengan kualitas yang baik. Tak apa harga sedikit mahal, asal HP kamu awet baterainya.

Daya baterai tidak stabil

Mungkin sebagian orang ada yang menganggap semua powerbank sama saja dan dapat digunakan untuk HP apa saja.

Ilustrasi HP yang di-charge. Foto: mhoppsy di Pixabay

Padahal itu salah besar lho, karena daya yang ada pada powerbank tidak sama dengan kapasitas yang dimiliki baterai semua HP. Oleh karena itu, baterai lama-kelamaan bisa rusak jika perangkat pengisi baterai portable tersebut terus-menerus digunakan.

Jadi, sebisa mungkin belilah powerbank yang kapasitas dayanya sesuai dengan perangkat HP kamu ya.

Pengaruh pada komponen lain

Jika kamu berpikiran kalau pemakaian powerbank yang terlalu sering hanya dapat memberi dampak pada baterai, maka itu kurang tepat.

Ternyata, penggunaan powerbank juga dapat berpengaruh pada komponen HP yang lain, misalnya IC charger dan power. Kalau komponen-komponen tersebut sudah rusak, duh, kamu harus bawa HP ke tukang servis dan makan biaya yang lumayan lho.

Ilustrasi HP yang di-charge. Foto: Pixabay

Nah, maka dari itu, gunakanlah powerbank seperlunya saja ya. Kurangi pemakaian powerbank jika kamu masih memungkinkan untuk charge HP kamu pakai charger yang asli.

Sering restart sendiri

Salah satu akibat dari pemakaian powerbank yang terlalu sering adalah HP yang jadi sering restart sendiri. Hal ini dipicu oleh baterai yang membengkak karena daya yang masuk tidak cocok.

Selain itu, IC power menjadi sering menganggap kalau daya baterai sudah penuh, padahal sebenarnya belum. Ini bisa terjadi jika powerbank sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, itulah tadi beberapa dampak yang cukup berbahaya bagi HP kamu jika terlalu sering menggunakan powerbank.  Mulai sekarang, kurangi penggunaan powerbank ya. Jika kamu sedang di kamar, gunakanlah charger yang asli, jangan powerbank. Gunakan powerbank hanya ketika darurat atau tidak ada colokan listrik di sekitar kamu.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close