Fit

Sering terbangun tengah malam? Ikuti 6 cara ini agar tidur kembali

Terbangun dari tidur saat tengah malam memang menyebalkan. Biasanya, jika sudah terbangun saat tengah malam, maka kita akan sulit untuk tidur kembali.

Terbangun saat tengah malam menjadi keluhan banyak orang. Keadaan ini bisa jadi membuat kamu kurang tidur dan merasa lelah serta tidak bugar keesokan harinya.

Baca juga: Catat! 4 Posisi tidur terbaik dijamin nyenyak dan sehat

Agar tidak uring-uringan karena terbangun dari tidur di malam hari, ternyata ada beberapa hal yang cukup sederhana yang bisa dilakukan lho. Simak ulasanya!

Matikan lampu kamar

Tubuh memiliki irama biologis yang dinamakan irama sirkadian. Irama ini, melansir klikdokter, secara otomatis akan mengatur agar kamu mengantuk dan beristirahat pada malam hari, lalu terbangun dengan keadaan segar pada pagi hari.

Agar irama biologis ini berjalan dengan baik, kamu harus berada dalam kondisi ruangan yang gelap pada malam hari dan terang pada pagi hingga siang hari.

Ilustrasi bangun tengah malam. Foto: Ashkan Forouzani di Unsplash

Jadi, buat yang selama ini tidur masih menyalakan lampu kamar, cobalah biasakan tidur dengan mematikan lampu kamar.

Jangan lakukan aktivitas lain di kasur

Beberapa aktivitas terkadang terasa lebih nyaman dilakukan di atas tempat tidur, seperti membaca buku dan menonton film di laptop atau TV. Namun, hal tersebut sebaiknya jangan dilakukan.

Biasakan untuk menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur saja. Tujuannya adalah untuk melatih tubuh untuk tidur ketika badan kamu sudah berbaring di atas tempat tidur.

Hindari melihat gadget

Melihat gadget atau gawai sepertinya sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini, baik itu saat mau tidur atau bangun tidur.

Bahkan, ketika terbangun dari tidur di tengah malam, tak jarang HP menjadi barang pertama yang dicari. Namun, hal seperti ini sebaiknya jangan dilakukan lagi.

Jauhkan gawai dari tempat tidur kamu. Sinar biru yang dipancarkan oleh alat tersebut cenderung membuat kamu terjaga dan sulit untuk tertidur.

Buat kamar terasa nyaman

Salah satu penyebab terbangun di tengah malam adalah karena kamar atau tempat tidur terasa tidak nyaman. Misalnya, ruangan yang terlalu gerah atau tempat tidur yang tidak nyaman.

Dua faktor ini bisa menyebabkan kamu sulit untuk tertidur kembali saat terbangun. Jika ini terjadi, coba atur suhu kamar pada suhu 25-26 derajat Celcius.

Kemudian, pilih tempat tidur yang dapat membuat badan kamu nyaman dan berada dalam posisi terbaik.

Bangun seperti biasanya

Ketika kamu terbangun di tengah malam, kadang kamu lebih memilih untuk bangun lebih telat daripada biasanya, untuk menghindari rasa kantuk ketika beraktivitas nantinya. Namun, hal tersebut keliru lho.

Sekalipun tidur malam kamu tidak nyenyak, biasakan untuk bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

Ilustrasi orang tidur. Foto: Claudio Scott di Pixabay

Hal ini dilakukan untuk mendisiplinkan tubuh agar selalu tidur dan bangun di waktu yang teratur. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi kondisi terbangun pada tengah malam.

Minum teh atau susu hangat

Jika kamu terbangun di tengah malam, kemudian dalam 20-30 menit tidak dapat tertidur kembali, jangan panik.

Beranjaklah dari kasur lalu buatlah teh atau susu hangat. Kedua minuman ini, menurut John Hopkins Medicine, dapat membuat tubuh rileks, sehingga kamu dapat segera tidur kembali.

Untuk mendapatkan hasil lebih baik, teh chamomile bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Nah itu dia tadi beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika terbangun dari tidur saat tengah malam. Lakukanlah enam kiat di atas secara rutin untuk membiasakan tubuh memiliki disiplin tidur yang baik.

Jika kamu masih juga mengalami bangun di tengah malam, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Bisa jadi ada suatu penyakit yang menyebabkan kondisi itu. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close