Hobi

Sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi? Ini solusinya

Sertifikat vaksin saat ini menjadi suatu hal penting yang wajib dimiliki dan dibawa saat ingin melakukan kegiatan di luar rumah. Selain sebagai tanda sudah menerima dosis vaksin, sertifikat tersebut juga kini menjadi syarat untuk masuk suatu tempat, mulai dari kendaraan umum hingga mal. Untuk menunjukkan sertifikat vaksin, masyarakat bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Meski begitu, terkadang ada saja kendala yang dialami oleh sebagian orang, di mana sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi, padahal mereka sudah menerima dosis vaksin. Mungkin Anda salah satu yang mengalami hal demikian? Jika iya, kemungkinan ada dua penyebab sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi.

Melalui unggahan di akun Instagram resmi @kemenkominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) menjelaskan, kemungkinan pertama adalah data belum dimasukkan oleh fasilitas kesehatan penyelenggara vaksin dan kemungkinan kedua adalah sertifikat vaksin belum terbit.

Dilansir Antara, Jumat 27 Agustus 2021, jika data belum dimasukkan oleh fasilitas kesehatan ke sistem PCare, ketika membuka sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi, maka tidak ada keterangan tanggal vaksinasi. Dalam kasus ini, petugas kesehatan perlu memasukkan ulang data peserta ke sistem PCare.

Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara
Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara

Khusus untuk warga DKI Jakarta yang mengalami kasus tersebut, mereka bisa mengirimkan email ke [email protected] dengan subjek: SertifikatVaksin_Nama lengkap. Satu email hanya bisa memuat satu identitas.

Data yang dibutuhkan untuk mengurus sertifikat vaksin tersebut adalah:

  • Nama lengkap
  • Nomor induk kependudukan (NIK),
  • Nomor ponsel
  • Alamat email
  • Lokasi dan tanggal vaksinasi
  • Nomor batch vaksin,
  • Tangkapan layar status sertifikat vaksin di PeduliLindungi
  • Foto kartu tanda penduduk (KTP)
  • Foto kartu vaksinasi yang menampilkan data diri
  • Status pemberian vaksinasi

Selanjutnya, jika yang dialami adalah kemungkinan kedua, yakni sertifikat vaksin belum terbit, maka akan terdapat keterangan tanggal vaksinasi ketika membuka sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Untuk kasus ini, Pemerintah Provinsi DKI tidak bisa membantu memasukkan data karena sertifikat vaksin hanya dapat dikeluarkan oleh sistem PeduliLindungi.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan sudah mendaftar ke PeduliLindungi dan isi data dengan benar. Setelah itu, periksa status vaksinasi.

Jika masih bermasalah, hubungi PeduliLindungi melalui saluran resmi di pusat bantuan (call center) 119 extension 9 atau email ke [email protected]

Data yang dibutuhkan untuk laporan ini juga sama, yaitu nama lengkap, NIK, nomor ponsel, alamat email, lokasi dan tanggal vaksinasi, nomor batch vaksin, tangkapan layar status sertifikat vaksin di PeduliLindungi, foto KTP dan foto kartu vaksinasi yang menampilkan data diri dan status pemberian vaksinasi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close