Unik

Serupa tapi tak sama, 5 perbedaan buah lai dan durian: Lebih enak mana?

Siapa di sini pecinta durian? Nah, durian ini memiliki saudara yang serupa tapi tak sama lho yaitu buah lai. Tampak dari rupa, terlihat sama-sama berduri dan berwarna hijau. Tapi, tahukah kamu ada 5 perbedaan dari lai dan durian ini?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa buah lai mempunyai sebutan lainnya yaitu durian pulu, durian merah, nyekak, pakan, pampaken, atau kuluk. Buah yang berasal dari Kalimantan Timur ini termasuk ke dalam golongan buah langka karena jarang ditemukan di tempat lain.

Muslima Fest

Berkat kepopuleran dan kelangkaannya itu membuat buah ini gencar dicari masyarakat. Namun, perlu hati-hati dan teliti ya. Jangan sampai berniat makan durian merah, eh, malah ketipu dikasihnya durian pada umumnya. Agar kejadian itu dapat dihindari, Hops.id telah merangkum dari berbagai sumber tentang 5 perbedaan buah lai dan durian. Simak yuk, Hopers!

Ukuran dan berat buah laiĀ 

Buah lai. Foto: Travelingyuk.com
Buah lai. Foto: Travelingyuk.com

Durian mempunyai bentuk yang bervariasi, ada yang kecil, sedang, hingga besar. Tapi, buah yang disebut oleh orang Kalimantan pampaken ini memiliki ukuran yang hampir seragam dan lebih kecil dari durian. Berat lai hanya sekitar satu sampai dua kilogram saja.

Tangkai buah lai

Selain ukurannya yang lebih kecil, lai juga mempunyai tangkai yang pendek. Jika lai masih mentah, tangkai akan berwarna hijau hingga kekuningan. Namun, warna tangkai akan berubah menjadi kuning hingga kecoklatan jika sudah matang sempurna.

Ukuran daun

Dari sisi pohon, lai dan durian mempunyai bentuk pohon yang sama. Tapi, ukuran daun untuk lai lebih besar dan tebal. Daunnya bisa mencapai 20-25 cm dan lebar 5-7 cm. Besar banget ya, Hopers!

Tak hanya dari daun, bunga lai juga cukup besar. Selain itu, warna bunganya pun bervariasi, seperti warna merah muda hingga merah tua.

Warna daging buah

Daging durian berwarna kuning pucat sedangkan daging lai memiliki warna mencolok yaitu oranye. Bahkan, ada pula yang dagingnya berwarna merah.

Rasa dan bau

Nah, tampaknya ini jadi pertimbangan penting bagi Hopers yang nggak suka durian. Biasanya, orang yang tidak menyukai durian karena rasa dan baunya yang mencolok. Namun, buah durian merah ini tidak mempunyai bau yang menusuk.

Buah lai dari Kalimantan. Foto: Yala News
Buah lai dari Kalimantan. Foto: Yala News

Jika makan lai, mulut dan tangan tidak akan meninggalkan bau yang menyengat seperti makan durian.

Nah, itu dia 5 perbedaan antara buah lai dan durian. Mungkin, setiap orang mempunyai seleranya masing-masing. Tapi, kalau kamu lebih suka yang mana, Hopers?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close