Otomotif

Konsumen mulai tinggalkan servis mobil gaya baru, ujung-ujungnya kesini

Berbeda dari pola servis mobil di masa pandemi covid-19, dimana pemilik kendaraan lebih memilih layanan home service untuk melakukan perawatan mobilnya. Servis mobil gaya baru tersebut kini mulai ditinggalkan konsumen dan ujung-ujungnya konsumen lebih tertarik melakukannya dengan gaya konvensional.

Banyak masyarakat yang lebih memilih melakukan perawatan mobil dengan mendatangi bengkel resmi terdekat. Kunjungan konsumen ke bengkel resmi berdasarkan catatan PT Suzuki Indomobil Sales terus meningkat, setelah pemerintah mulai membuka kebijakaran aturan lockdown dan masyarakat mulai kembali beraktifitas normal.

Menurut Rieky Patrayudha 4W, 2W & Marine Service Director PT Suzuki Indomobil Sales, terjadinya perubahan konsumen yang melakukan perawatan mobil langsung ke bengkel resmi karena faktor dimulainya aktifitas normal di masyarakat. Selain itu, diperkirakan karena konsumen mulai jenuh dalam beberapa bulan berada di rumah.

Servis suzuki di bengkel resmi
Mekanik servis mobil konsumen Foto: Suzuki

“Perubahan layanan home service yang banyak diminati saat pandemi kini sudah berubah dan bahkan menurun, konsumen banyak yang memilih ke bengkel resmi langsung karena jenuh di rumah,” katanya saat berbincang dalam acara Ngovid bareng Forwot.

Bava juga: Paksa starter mobil di saat aki tekor, siap-siap keluar biaya mahal

Dengan demikian, selama masa pandemi dan pasca pandemi, Suzuki masih belum bisa memastikan langkah pelayanan yang akan dipilih secara maksimal, mengingat banyak konsumen yang mulai meninggalkan layanan servis gaya baru selama masa pandemi berlangsung.

Meski demikian, Suzuki mengungkap tetap mempersiapkan seluruh kebutuhan jika terjadi perubahan sewaktu-waktu, dimana layanan home service bisa kembali meningkat. Salah satu persaiapan yakni, memastikan seluruh SDM yang dimiliki, jam kerja serta layanan lain yang bisa membantu memberikan layanan servis kepada konsumen.

Mekanik melakukan perbaikan mobil Suzuki
Mekanik melakukan perbaikan mobil Suzuki Foto: Suzuki

Service yang dapat dilakukan adalah booking atau memilih secara online. Dengan adanya pandemic, permintaan melalui online cukup berkembang karena memudahkan pelanggan. Dengan 165 jaringan yang telah dilengkapi Home Service.

Pengembangnya pada penambahan berbagai peralatan hingga SDM agar dapat merangkul para konsumen. Saat ini kami ingin mengkolaborasi data dari dealer, SDM, jam kerja dan lainnya yang akan tersedia dalam satu aplikasi khusus.

Suzuki jauh sebelum meningkatkan pelayanan home service selama masa pandemi, sudah memiliki aplikasi yang bisa dimanfaatkan seluruh konsumen yang ingin melakukan perawatan kendaraannya melalui aplikasi yang terlah disediakan untuk memudahkan mendapatkan jadwal perawatan kendaraan.

Bengkel resmi Suzuki
Bengkel resmi Suzuki Foto: Suzuki

MySuzuki memang menyediakan menu seperti hal tersebut sehingga harapannya adalah selain penjualan spare part meningkat, unit bengkel juga meningkat. Jadi ada plihan spare part yang diingkan dan dapat memilih dealer yang dituju untuk membeli. Namun syaratnya harus memasang harus di dealer tersebut. intinya memilih spare part di aplikasi dan membeli di dealer dtan juga memasang di dealer tersebut.

Melalui aplikasi MYSuzuki, konsumen juga bisa mendapatkan dan memantau kebutuhan dari suku cadang yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan mobil. Sehingga efektifitas waktu dan kepastian dari kebutuhan perawatan mobil bisa terpantau secara jelas sebelum konsumen mendatangi bengkel resmi Suzuki.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close