Trending

Sesak napas, Habib Rizieq disebut tolak pakai tabung oksigen dari polisi

Habib Rizieq Shihab yang kini tengah menjalani masa tahanan di rutan Polda Metro Jaya, dikabarkan tengah menderita sakit sesak napas. Kabar Habib Rizieq sakit ini pun dibenarkan oleh kuasa hukum eks Imam Besar FPI itu, Sugito Atma.

Menanggapi kabar ini, Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya, AKBP Rahmat pun buka suara. Ia membenarkan bahwa Habib Rizieq mengalami tidak enak badan pada malam pergantian tahun baru 2021.

“Dia bilang nggak enak badan terus panggilin dokter. Dokter kita kan ada standby. Sama dokter diperiksa terus dia bilang agak sesak napas,” kata Rahmat dikutip Suara Jakarta, Kamis 7 Januari 2021.

Baca Lainnya

  • Rahmat menjelaskan saat Habib Rizieq mengeluhkan sesak napas, dokter dari polisi pun menawarkan tabung oksigen kepada eks Imam Besar FPI itu. Namun, kata Rahmat, saat ditawarkan tabung oksigen dari dokter polisi, Habib Rizieq menolaknya dan malah meminta dibawakan tabung oksigen dari Petamburan.

    “Sama dokter dilihat, dikasih oksigen, dia nggak mau. Dia minta lah oksigen dari rumah,” ujar Rahmat.

    Habib Rizeq
    Habib Rizieq ditahan polisi. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras

    Akhirnya, tambah Rahmat, pihak kepolisian pun menuruti permintaan Habib Rizieq untuk membawa tabung oksigen dari Petamburan.

    Rahmat kemudian mengatakan bahwa menurut penuturan Habib Rizieq, ia kerap menggunakan oksigen melalui tabung saat beraktivitas. Tak cuma itu, Rizieq Shihab juga mengaku ke dokter bahwa dia punya riwayat penyakit jantung.

    Namun demikian, Rahmat menyebut kini Habib Rizieq kondisinya sudah lumayan membaik.

    “Tidak apa-apa normal. Setiap hari diperiksa. Tekanan darahnya bagus tekanan darah 130/120 bagus dia normal. Cuman pada malam tahun baru itu dia nggak puasa, biasanya kan puasa beliau seharian tiap hari puasa.”

    Habib Rizieq sakit

    Habib Rizieq dikabarkan sakit di tahanan Polda Metro Jaya. Kabar ini juga dibenarkan kuasa hukumnya, Sugito Atma.

    Sugito melanjutkan, Habib Rizieq mengalami kondisi sesak napas yang cukup mengkhawatirkan. Ia juga mengatakan, kondisi itu dialami Habib Rizieq sejak malam pergantian tahun baru 2021.

    Bahkan, tambah Sugito, pihaknya sampai-sampai meminta dibawakan tabung oksigen dari Petamburan untuk Rizieq Shihab.

    Berbeda dengan pernyataan Rahmat di atas yang menyebut bahwa HRS menolak tabung oksigen dari polisi, Sugito mengatakan, saat itu di Polda sedang tidak ada tabung oksigen.

    Habib Rizieq otw ke bandara
    Habib Rizieq saat otw ke bandara untuk mudik ke Indonesia. Foto Instagram @fans_rockygerung.official

    “Tanggal 1 malam kami sampai minta tabung oksigen dikirimkan dari Petamburan karena di Polda Metro sedang tidak ada, kami khawatir bisa fatal,” ungkapnya disitat Suara.

    Sugito menyebut, sesak napas yang diderita Habib Rizieq dari penyakit maag kambuhan. Namun, pihak pengacara khawatir sehingga meminta pembantaran sampai kondisinya pulih.

    Pengajuan permohonan pembantaran akan dilakukan secepatnya karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    “Kami minta Habib Rizieq bisa dirawat di RSCM,” tandas Sugito.

    Keluarga belum diperbolehkan menjenguk

    Meskipun kondisi Habib Rizieq saat ini sedang kurang sehat, namun pihak keluarga dikabarkan masih belum diperbolehkan bertemu atau menjenguknya sejauh tulisan ini dibuat.

    Kuasa Hukum Habib Rizieq lainnya, Aziz Yanuar pun menyayangkan hal tersebut. Padahal, kata dia, Habib Rizieq tetap bisa dijenguk sebab dia adalah tahanan tindak pidana biasa.

    Habib Rizieq
    Habib Rizieq di Polda Metro Jaya. Foto Antara/Retno Esir

    “Itulah yang menjadi concern kita juga karena Habib Habib Rizieq adalah tahanan tindak pidana biasa, bukan tahanan teroris atau politik yang tidak wajar jika sampai berpuluh hari belum dapat dikunjungi oleh keluarga inti,” jelas Aziz.

    Saat ditanya apa alasan dari kepolisian, ia mengaku tak mendapat kejelasan. Aziz sendiri sudah melayangkan surat permintaan terkait hal itu pada pekan lalu, namun sampai saat ini masih dipertimbangkan oleh pihak kepolisian.

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close