Trending

21 Tahun cari alien, SETI pun lelah

Program cari alien, yang bernama SETI (Search for Extra-Terrestrial Intelligence), ternyata telah berlangsung selama 21 tahun. Kini mereka memutuskan untuk memberhentikan program yang dilibatkannya sementara waktu.

Program cari alien ternyata selama ini menggunakan bantuan komputer kita. Komputer yang dimanfaatkan adalah yang sedang idle atau tidak digunakan. Namanya adalah SETI@home.

SETI@home (foto: liliputing)

Nah, yang dihentikan itu adalah SETI@home itu. Artinya, projek SETI tidak lagi membutuhkan bantuan komputer kita untuk pencarian alien. SETI@home akan memasuki mode hibernasi.

“Kami tidak lagi mendistribusikan pekerjaan ke komputer di seluruh dunia untuk melakukan olah data. Sudah saatnya kami menghibernasi SETI@home,” ujar tim SETI, seperti dikutip dari Liliputing, Kamis, 5 Maret 2020.

Baca juga: Cara cuci tangan yang efektif bunuh kuman, hindari Covid-19

Setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan mengapa SETI@home harus dihibernasi. Pertama adalah sudah terlalu banyak data yang terkumpul sehingga butuh fokus untuk analisa ilmiah.

Alasan kedua adalah kesatuan manajemen. Artinya, dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mengelola pendistribusian karya SETI. Mereka pun butuh fokus untuk bergerak menganalisa dan menjadikannya sebagai jurnal ilmiah.

“Dengan kata lain, kami mendapatkan data, menghitung angka, dan sekarang saatnya untuk fokus pada menghasilkan beberapa kesimpulan,” ujar pihak SETI.

SETI@home pertama kali diluncurkan pada Mei 1999 dan dibuat oleh Berkeley SETI Research Center. Dalam proyek ini mereka meminta pengguna komputer di seluruh dunia untuk secara sukarela melibatkan komputer mereka yang menganggur untuk menganalisa sinyal radio dan mencari tanda-tanda alien di luar angkasa. 

Sayangnya, sudah 21 tahun dan belum ada tanda-tanda yang mengkonfirmasi keberadaan alien.

Tim SETI berharap para astronom dari UC Berekely lainnya dapat memikirkan beberapa cara baru dan berguna untuk memanfaatkan kemampuan SETI@home. 

Meskipun mengalami hibernasi (sementara), proyek SETI@home bisa jadi cikal bakal pengembangan software BOINC yang memungkinkan sejumlah komputer bekerja sama untuk mencari solusi dari persoalan yang rumit, melibatkan matematika, kesehatan, astronomi, fisika dan ilmu sains lainnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close