Lifestyle

Simpan sekarung berlian dan 10 ton emas, tempat ini jadi kuil terkaya di India

Mahkamah Agung India akhirnya membatalkan keputusan untuk mengambil alih pemeliharaan dan pengelolaan salah satu kuil Sri Padmanabhaswamy yang merupakan kuil terkaya di India.

Pada Senin 13 Juli 2020, pemerintah India akhirnya mengembalikan hak menjalankan kuil kepada pihak keluarga yang telah diberikan mandat turun temurun untuk menjaga kuil tersebut, sejak keturunan terakhirnya meninggal dunia.

Dilansir Aljazeera, kuil Sri Padmanabhaswamy adalah
kuil yang didedikasikan bagi dewa Wisnu. Kuil ini diperkirakan berasal dari abad VI.

Namun kuil ini baru mendapat perombakan seperti bentuknya yang sekarang pada abad XVI di bawah kendali Maharaja Travancore saat itu, Raja Marthanda Varma. Travancore adalah sebuah kerajaan yang pada masa itu berjaya di India Selatan.

Baca juga: OMG! Donald Trump disembah di India sampai dibuatkan kuil

Ketika India merdeka pada 1947, Travancore pun menyerahkan kekuasaannya pada pemerintah. Sebagai balas jasa, Travancore tetap diberi status khusus, yang mana para keturunannya tetap menjadi pemimpin kuil.

Pada 1971 PM Indira Gandhi mencopot semua status khusus, namun kuil Sri Padmanabhaswamy ini tetap berada di bawah perwalian Travancore tanpa ada yang berani mengusiknya.

Pada 2007 seorang pengacara bernama Ananda Padmanabhan melayangkan gugatan atas penyalahgunaan wewenang kuil dan meminta pemerintah untuk menunjuk perwalian yang baru.

kuil Sri Padmanabhaswamy
kuil Sri Padmanabhaswamy Photo: Aljazeera.

Hal ini berdasarkan kesaksian yang menyatakan bahwa banyak batu-batu mulia yang melekat di patung sesembahan mulai hilang dan diganti dengan perhiasan palsu. Sebuah seruling yang terbuat dari gading pun raib.

Pada saat itulah isu misteri harta karun yang terpendam di dalam kuil Sri Padmanabhaswamy mulai merebak.

Pada 2011 dalam kuil itu ditemukan sekarung berlian dan hampir 10 ton emas batangan, perhiasan hingga uang di salah satu pintu atau lemari besi.

Pengadilan Tinggi Kerala telah memutuskan tahun itu, setelah petisi kepentingan publik, bahwa keluarga Travancore harus menyerahkan hak asuh atas kuil tersebut setelah kematian kepalanya, Sree Chithira Thirunal Balarama Varma, Maharaja Travancore yang berkuasa terakhir, pada 1991.

Tetapi pada hari Senin, Mahkamah Agung membatalkan keputusan itu.

“Kami mengizinkan banding keluarga kerajaan Travancore. Kematian tidak mempengaruhi Shebaitship (manajemen dan pemeliharaan kuil) Keluarga Travancore,” kata hakim hukum Lalit dan Indu Malhotra.

Hampir seluruh kuil di India menyimpan harta karun

Beberapa kuil Hindu di India memiliki kekayaan mencapai miliaran dolar. Hal itu terjadi karena para penyembah memberikan emas dan benda berharga lainnya sebagai hadiah kepada lembaga spiritual atau keagamaan yang mengelola rumah sakit, sekolah, dan perguruan tinggi.

Kuil Tirupati di negara bagian Andhra Pradesh di India contohnya, memiliki cadangan emas lebih dari 9.000 kg, menjadikannya kuil Hindu terkaya di dunia. Ini juga memiliki miliaran rupee di deposito bank.

Selama dua ribu tahun raja-raja India dan saudagarnya telah meraup keuntungan dari perdagangan rempah. Dan mereka mewujudkannya lewat perhiasan emas, perak, dan sejenisnya, termasuk segala persembahan untuk dewa-dewa.

World Gold Council pernah melaporkan jika India adalah pengkonsumsi emas terbanyak di dunia yakni sekitar 30 persen dari persediaan global. Namun sayangnya dari jumlah itu hanya dikonsumsi sebanyak itu oleh rakyat India, sekitar 20 persennya dilahap oleh negara.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close