News

Sindir UAS, Gus Muwafiq: Gegara kalah ganteng sama aktor Korea, dibilang kafir

Sebuah ceramah dari Gus Muwafiq baru-baru ini berhasil viral di dunia maya. Pasalnya, pemuka agama tersebut mengungkapkan bahwa menonton drama Korea tidaklah haram. Pernyataan Gus Muwafiq itu seolah sindir keras ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa menonton drama Korea hukumnya haram.

“Nonton film Korea? Biasa aja, gak usah kafir. Masa gara-gara kalah ganteng sama aktornya terus bilang kafir. Ya jangan gitulah, “ ujar Gus Muwafiq yang disambut tawa jemaat.

Baca Juga: Istrinya santai bayar listrik Rp38 juta sebulan, Stefan William tajir banget

Gus Muwafiq Foto: Detik
Gus Muwafiq Foto: Detik

Sebelumnya, UAS pernah mengatakan bahwa menonton drama Korea sama halnya dengan menjadi kafir.

“Orang Korea nih kafir, tak bersunat. Tak mandi wajib. Berzinah kerjaannya. Jangan suka kepada orang kafir. Siapa yang suka kepada orang kafir, maka dia bagian dari kafir itu. Condong hatinya kepada orang kafir, maka tontonlah kori’ah (Korea),” ujar UAS.

Tak main-main dengan ucapannya, UAS juga mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

Ustaz Abdul Somad atau UAS
Ustaz Abdul Somad atau UAS. Photo: ustadzabdulsomad_official

“Jangan lagi ditonton itu sinetron-sinetron Korea itu. Rusak, nanti pas mau sakaratul maut datang dia rame-rame. Apa yang selalu kita tengok, apa yang selalu kita dengar, itulah yang akan datang waktu kita sakaratul nanti.”

Berbeda pandangan, pernyataan Gus Muwafiq lantas dianggap sindir UAS. Ia malah santai menanggapi fenomena drama Korea yang banyak digandrungi remaja masa kini.

Dalam video tersebut, Gus Muwafiq juga mengingatkan kembali pentingnya Bhineka Tunggal Ika dalam persatuan berbangsa dan bernegara. Sikap Gus Muwafiq ini banyak mendapat pujian dari warganet.

“Hindu jaga Budha, Budha jaga Hindu. Maka kalau kemudian ada Banser jaga gereja, ga usah ribut. Itulah warisan asli bangsa Indonesia. Di Bali yang jaga masjid, pecalang. Di New Zealand, yang jaga masjid orang Nasrani. Tumpeng masuk gereja, gak usah marah. Gak usah emosi,” ujar Gus Muwafiq yang disambut tepuk tangan oleh jemaat.

Ceramahnya ini dinilai tidak kolot dan menyejukkan. Salah satu akun Twitter @budaksexmu menulis komentar, “Ceramah-ceramah pemersatu gini yang perlu disebarin sebenarnya. Sebagai minoritas, seneng banget dengernya. Sehat terus, Ustad.” (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close