Trending

Sinta Nuriyah Gus Dur bilang, muslimah tak wajib berhijab

Hops.id – Istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah, sedang menjadi perhatian warganet di Tanah Air. Musababnya komentarnya soal muslimah atau wanita Islam tak wajib mengenakan jilbab atau hijab.

Dia mengatakan, ada ragam penafsiran dari ayat Alquran yang berkaitan dengan perintah untuk menutup aurat.

“Istilah jilbab dan hijab itu beda banget pengertiannya. Kalau jilbab itu untuk penutup kepala, kalau hijab itu pembatas. Hijab itu dari bahan keras, kayu dan sebagainya, sedangkan jilbab itu penutup dari bahan yang tipis,” ujarnya dalam YouTube Deddy Corbuzier, dikutip Jumat 17 Januari 2020.

Deddy kemudian bertanya, apakah semua orang Islam harus memakai jilbab? “Tidak juga, kalau kita mengartikan ayat dalam Alquran secara benar,” ujar Sinta.

Istri Gusdur itu pun yakin suaminya jika masih hidup juga akan punya sikap yang sama dengannya. “Gus Dur kalau masih hidup akan iya (tak mewajibkan muslimah berhijab)” jelas Sinta.

Sinta Nuriyah dan putrinya, Inayah Wahid. Foto: Youtube Deddy Corbuzier

Inayah Wahid, putri Gus Dur yang mendampingi Sinta pun menguatkan hal itu. Inayah mengatakan selama hidupnya, Gusdur tak pernah memerintahkan kepada anak-anaknya untuk wajib berhijab.

Sinta menuturkan, menafsirkan ayat suci atau Alquran tidak bisa sembarangan. Ada syarat ketat bagi seorang mufassir.

Belum lagi kata dia, orang menafsirkan ayat Alquran kadang punya kepentingan. “Orang menerjemahkan ayat itu harus memenuhi beberapa persyaratan, alatnya, nahwu syaraf-nya, segi budaya itu bagimana. Kalau tak memenuhi syarat itu, ya nggak bisa. Bukan Alquran yang salah,tapi yang menerjemahkan yang salah. Diperhatikan juga adat budaya setempat, cara berpikir dia (penafsir) juga, itu pengaruhi orang dalm pemahaman terhadap ayat agama yang bukan bahasanya. Wong yang sebahasa bisa salah juga mengartikannya. Makanya penafir itu syaratnya harus komplit,” tuturnya.

Sinta pun paham dengan mengakan muslimah tak wajib berhijab bakal menuai kontroversi dan bakal muncul narasi yang melawannya.

Benar saja, kolom komentar video Shinta di saluran YouTube Deddy itu dibanjiri komentar yang beragam. Warganet terbelah, ada yang mendukung istri Gusdur tersebut. Ada pula yang kontra dengan pendapat dan sikap Sinta. “Jilbab itu wajib, gak ada mazhab yg bilang jilbab itu sunnah, semua bilang wajib. Budaya dan agama ya didulukan agama lah. Yg dilarang sama agama tinggalkan, yg gak mengganggu pertahankan. Tapi gak ada hak kita untuk bilang dia masuk neraka dsb,” balas akun Cek Mus pada kolom komentarnya.

Topik

1 Komentar

  1. Kalau saya pribadi sih punya prinsip kalau dalam urusan fiqh (khususnya jilbab ini) jangan tanya pendapat mana yg paling benar.
    cukup dengan mengetahui argumentnya silahkan di amalkan …..selesai.
    Sebab tafsiran dan fiqh adalah dugaan dan perkiraan.
    Meski kadang bertanya tanya tentang batasan aurat untuk wanita sahaya yg cuma sebatas pusar sampai lutut.
    Janggal…Aneh…..lucu …..tidak adil dan diskriminasi.
    Trus….dosakah liat payudara dan kepala mereka yg tanpa hijab ini….???

  2. loading...

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close