Trending

Soal ‘Luhut lagi Luhut Lagi’, Luhut Pandjaitan: Jadi sebenarnya…

Kamu pernah mendengar celetukan atau sindiran 4L yang ditujukan ke Luhut Pandjaitan? 4L itu akronim dari Luhut lagi Luhut Lagi. Nah soal 4L ini, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ini meresponsnya dengan santai saja.

Luhut mengaku tahu soal 4L yang banyak disampaikan oleh publik. Namun Luhut menegaskan sebenarnya praktik di lapangan nggak 4L kok.

Luruskan Luhut lagi Luhut lagi

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. Foto Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut menguraikan kalau mau jujur praktik di lapangan nggak 4L kok. Kesan ini muncul dari masyarakat karena tak tahu detail apa yang ia kerjakan, sehingga muncu sindiran 4L itu.

“Sebenarnya nggak 4L kalau mau saya luruskan. Yang ada, saya itu kalau mengerjakan sesuatu tidak mau tidak holistik dan terintegrasi. Karena kalau tidak holistik dan terintegrasi pasti tak akan tuntas,” jelasnya menjawab pertanyaan 4L dari pengusaha nasional Chairul Tanjung dikutip dari Youtube CNBC Indonesia, Kamis 25 Februari 2021.

Prinsip harus holistik dan terintegrasi ini membuatnya punya cakupan kerja sama dan kolaborasi dengan banyak kementerian. Malahan kadang dalam menjalankan tugas dari Presiden Jokowi, Luhut mengaku kementerian di luar koordinasinya pun menjadi terlibat.

“Itu yang saya buat jadinya harus melibatkan kementerian-kementerian, malahan kadang ada kementeran di luar dari portofolio saya,” jelasnya.

Luhut mengungkapkan kementerian yang dipimpinnya sekarang ini, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi membawahi beberapa instansi di sektor yang berbeda-beda, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian ESDM, dan lainnya.

“Itu kan sudah luas. Itu kalau pembangunan kan urusan PUPR. Semua jalan tol pasti urusan saya. Jadi sebenarnya nggak benar juga (4L) tapi mungkin karena saya kerja banyak ya seperti itu (muncul 4L). Yang penting tugas pokok saya dari Presiden saya tuntaskan,” ujarnya.

Target herd imunity

Presiden Jokowi disuntik vaksin Sinovac
Presiden Jokowi disuntik vaksin Sinovac. Foto Antara/Fan Page Jokowi

Dalam perbincangan dengan Chairul Tanjung, Luhut menguraikan soal apa yang dilakukan pemerintah dalam pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Salah satu yanh jadi pokok bahasan adalah soal vaksinasi. Luhut mengatakan pemerintah berupaya terus meningkatkan angka vaksinasi per harinya.

Target pemerintah bisa menjalankan 700 ribu vaksinasi per hari. Kalau sudah mencapai hal ini, Luhut sangat yakin herd imunity akan tercapai di masyarakat.

Dia mengatakan pemerintah akan melihat perkembangan angka vaksinasi. Kalau Juli Agustus, bisa menjalankan 70 juta vaksinasi maka itu target yang pas untuk menciptakan kekebalan komunitas.

“Kita confident, Juli nanti dapat 70 juta vaksinasi dan target sasaran seperti operasi militer, akan terjadi herd imunity dan ekonomi mulai jalan,” jelasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close