Trending

Sosok ini diyakini bisa selamatkan RI dari Covid, Jokowi harus panggil dia!

Wakil Ketua DPD RI, Sultan B. Najamudin meminta Presiden Jokowi memberi kesempatan pada sosok kredibel untuk menuntaskan masalah pandemi di Indonesia. Sebab, sejauh ini, kewenangan atas penanganan Covid-19 di Tanah Air selalu diserahkan kepada pihak-pihak yang tak sesuai bidangnya.

Melalui keterangan resminya, Sultan mengatakan, pandemi merupakan musuh tak terlihat yang sulit dikalahkan. Bahkan, hingga kini, tak seorang pun tahu kapan virus mematikan tersebut hilang dari muka bumi. Itulah mengapa, dalam penanganannya, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

“Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini berakhir. Maka kita butuh kesiapan dalam menghadapi bagaimana pun situasinya ke depan. Baik dalam penanganan maupun pencegahan terhadap setiap kemungkinan terburuk yang akan terjadi,” ujar Sultan, dikutip dari Pikiran-rakyat, Kamis 22 Juli 2021.

“Dan harus melibatkan orang-orang khusus yang memiliki rekam jejak dalam menghadapi pandemi,” lanjutnya.

Sultan B. Najamudin. Foto: Ist.

Lebih jauh, Sultan mengusulkan Presiden Jokowi mengundang mantan Menkes RI di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Fadilah Supari ke istana untuk melakoni diskusi kongkret tentang penanganan pandemi. Sebab, bisa saja dia yang pada akhirnya mampu ‘mengalahkan’ Covid-19 di Indonesia.

“Saya meminta kepada Bapak Presiden RI untuk memanggil ibu Siti Fadilah Supari ke Istana dan sekaligus pemerintah untuk dapat memberikan ruang keterlibatan secara formal (kewenangan khusus) dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia,” tuturnya.

Siti Fadilah diyakini mampu memerangi Covid-19 di RI

Menurutnya, dalam menghadapi pandemi sekarang, Indonesia butuh sosok yang memiliki pengalaman secara nyata. Dalam kasus tersebut, Siti terbukti mampu menangani wabah flu burung pada tahun 2005 lalu.

“Jadi segera harus dirumuskan dengan pendekatan yang berasal dari kacamata ilmu pengetahuan dengan melibatkan orang yang berpengalaman secara komprehensif dalam dunia epidemiologi. Dan beliau (Siti Fadilah) memiliki semuanya untuk berperan besar membantu pemerintah menanggulangi COVID-19,” tegasnya.

Mantan Menkes Siti Fadilah Supari
Mantan Menkes Siti Fadilah Supari. Foto: Instagram

Sultan memastikan, saran tersebut bukan sekadar masukan kosong. Sebab, selain pengalaman panjang, Siti Fadilah diyakini memahami betul pandemi dan cara penanggulangannya. Bukan hanya itu, kepandaiannya juga terbukti berkat ratusan jurnal ilmiah yang telah terbit di dalam maupun di luar negeri.

“Ibu Siti adalah aset bangsa ini. Apalagi dalam menghadapi pandemi. Beliau adalah seorang ilmuwan dan kaya pengalaman di birokrasi sebagai menteri di pemerintahan. Selain itu, beliau telah menerbitkan 150 karya ilmiah yang dipublish dalam jurnal nasional maupun internasional,” kata Sultan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close