Bersurat ke FIFA, PSSI dan LIB matangkan rencana penggunaan VAR di Liga 1 musim 2023/2024

- Jumat, 26 Mei 2023 | 18:49 WIB
Erick Thohir Sebut 6 Stadion ini yang Pertama Gunakan VAR di Indonesia. (pssi.org)
Erick Thohir Sebut 6 Stadion ini yang Pertama Gunakan VAR di Indonesia. (pssi.org)

Hops.ID - Baru-baru ini, Liga Indonesia Baru (LIB) mengeluarkan rilis pada laman resminya pada 25 Mei 2023, mengenai PSSI dan LIB sedang mematangkan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2023/24.

Melansir dari laman Liga Indonesia Baru pada 26 Mei 2023, rencana PSSI mengenai penggunaan VAR pada kompetisi profesional di Indonesia terus dimatangkan.

Terkait rencana penggunaan VAR tersebut telah kembali dideklarasikan dan disubmit kepada FIFA oleh PSSI pada Kamis, 25 Mei 2023.

Baca Juga: Dituding selingkuh dengan Gege Elisa usai gugat cerai Natasha Rizky, Desta: Semoga fitnah itu balik ke kalian!

Perlu diketahui, pasca deklarasi ini tidak membuat dalam waktu dekat bisa menerapkan VAR.

Sampai penggunaan VAR di Liga 1 2023/24 benar-benar direstui oleh FIFA, PSSI mesti melewati beberapa tahapan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa mereka telah berkirim surat kepada FIFA mengenai rencana untuk kembali melanjutkan proses penerapan VAR di Indonesia.

Menurut Erick, sesuai dengan panduan dari FIFA, beberapa tahapan awal yang harus dipenuhi juga dilampirkan oleh mereka seperti membentuk VAR Project Team, menetapkan timeline program, kepastian sumber pendanaan dan provider teknologi yang dipilih.

Baca Juga: Sudah tiba di Madinah, Mbah Harun dari Madura jemaah haji tertua Indonesia, usianya segini

Untuk memantapkan rencana tersebut, PSSI telah mendelegasikan kepada PT. LIB sebagai yang bertanggung jawab.

LIB bertanggung jawab dalam semua proses pemenuhan implementasi VAR. Hal ini juga termasuk dalam persiapan teknologi yang akan digunakan.

Menurut rilis LIB, sesuai dengan panduan dari FIFA, semua proses yang dinamakan Implementation Assistance and Approval Programme (IAAP) harus dilengkapi oleh setiap pihak yang akan menggunakan VAR, tahapannya yaitu Innitial Consideration, VAR Declaration, Preparation & Training, Approval Process, dan Monitoring.

"Benar kami telah ditunjuk PSSI untuk menjalankan misi yang tentunya diidamkan oleh pecinta sepak bola Indonesia ini. Tapi perlu saya tegaskan, ini bukan pekerjaan baru atau kemarin sore," kata Dirut LIB, Ferry Paulus, dikutip Hops.ID dari laman LIB pada 26 Mei 2023.

Baca Juga: Resep dan cara membuat sup zuppa Toscana khas Italia yang gurih dan super creamy

Halaman:

Editor: Khoirur Rozi

Sumber: ligaindonesiabaru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini