Bawa AS Roma kampiun, Jose Mourinho jadi pelatih pertama yang sukses pada tiga final kompetisi UEFA berbeda

- Kamis, 26 Mei 2022 | 06:26 WIB
Jose Mourinho berhasil menjuarai lima laga final pada tiga kompetisi UEFA berbeda (Instagram.com/@europacnfleague)
Jose Mourinho berhasil menjuarai lima laga final pada tiga kompetisi UEFA berbeda (Instagram.com/@europacnfleague)

Hops.ID – Keberhasilan Jose Mourinho membawa AS Roma menjuarai Liga Konferensi Eropa mencatatkan dirinya dalam sejarah sepak bola sebagai pelatih pertama yang sukses pada tiga final kompetisi UEFA berbeda.

Liga Champions, Liga Europa, dan kini Liga Konferensi Eropa sukses direngkuh Jose Mourinho. Air mata bahagia pelatih asal Portugal itu pun seketika pecah bersamaan hasil kemenangan tim asuhannya pada musim perdana di AS Roma.

Lima kali menghadapi final tiga kompetisi UEFA, Jose Mourinho 100 persen memenangkan semuanya. Pelatih yang kini tidak ingin dipanggil The Special One lagi menuai keberhasilan dengan empat klub berbeda, yaitu Porto, Inter Milan, Manchester United dan AS Roma.

Baca Juga: Penantian panjang AS Roma ke final kompetisi Eropa sejak 1991, ini dia sejarahnya

Di Porto pada musim 2002-03, Mou membawa The Dragon menjadi kampiun UEFA Cup (kini bernama Liga Europa), dan satu musim berselang dia kembali membawa kejayaan bagi klub yang bermarkas di Estadio do Dragao itu dengan meraih titel Liga Champions.

Gagal ketika di Chelsea untuk meraih trofi Eropa, tak membuat kendur semangat pelatih yang saat ini menginjak usia 59 tahun. Petualangan berikutnya bersama Inter Milan justru membuat Mourinho kembali mempersembahkan trofi Liga Champions musim 2009-10 bersama kubu biru hitam.

Berlanjut ke Real Madrid, Mou juga nihil prestasi Eropa. Lalu ketika kemudian tiba di Manchester United, sosok yang sempat dibenci para fans Setan Merah itu malah membawa klub jadi juara Liga Europa musim 2016-17.

Baca Juga: Empat gelar Eropa tak akan membantu Jose Mourinho pada partai final AS Roma di Liga Konferensi Eropa

Perjalanannya saat menangani Tottenham Hotspurs juga tidak membuahkan prestasi Eropa, malah dirinya didepak oleh pihak Spurs sepekan sebelum laga final Piala Liga musim 2020-21.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: UEFA.com, Transfermarkt

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MU bantah rencana pemutusan kontrak Cristiano Ronaldo

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:58 WIB