Penonton MotoGP makin menurun, benarkah efek Rossi pensiun?

- Jumat, 10 Juni 2022 | 15:38 WIB
Ilustrasi penonton MotoGP. (Crash.)
Ilustrasi penonton MotoGP. (Crash.)

Hops.ID - Sebagian kita mungkin sepakat, MotoGP merupakan kejuaraan balap motor paling menarik disaksikan. Bahkan, penggemarnya sendiri beragam dan berasal dari berbagai kalangan.

Namun, belakangan penonton MotoGP mulai mengalami penurunan. Misalnya, pada MotoGP Mugello akhir bulan lalu, penonton yang hadir di podium hanya 74 ribu orang. Padahal, pada musim 2019 atau sebelum pandemi, ada 139 ribu orang yang hadir di sirkuit.

Baca Juga: Pembalap jarang salip-salipan, Marquez klaim MotoGP modern kurang seru

Bukan hanya di Mugello, balapan ikonik di Catalunya, Spanyol yang biasanya dipadati penonton, kemarin terlihat agak sepi. Karuan saja, sepanjang Jumat sampai Minggu hanya ada 115 ribu orang yang hadir atau turun 43 ribu dibandingkan musim 2019 lalu.

Penonton MotoGP Mugello sepi. (Crash.)

Kenyataan tersebut tentu membuat banyak pihak keheranan. Sebab, Dorna sempat memprediksi, penonton MotoGP akan kembali membludak setelah pandemi mulai reda.

Lantas, kini timbul satu pertanyaan, mengapa penurunan tersebut bisa terjadi? Benarkah pensiunnya Valentino Rossi menjadi salah satu penyebabnya?

MotoGP Kehilangan Pembalap Karismatik

Laman Speedweek turut memberikan analisis terkait fenomena penurunan jumlah penonton di MotoGP. Mereka berkesimpulan, kompetisi era sekarang kehilangan pembalap karismatik yang bisa membawa banyak penonton ke sirkuit.

Valentino Rossi bersama fans di tribun.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Speedweek

Tags

Artikel Terkait

Terkini