Luar biasa! Menjelang Piala Dunia 2022 FIFA umumkan akan persiapkan teknologi offside semi otomatis

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:27 WIB
Jelang Piala Dunia 2022, FIFA umumkan penggunaan teknologi offside semi otomatis (Twitter @stuholden)
Jelang Piala Dunia 2022, FIFA umumkan penggunaan teknologi offside semi otomatis (Twitter @stuholden)

Hops.ID- Piala Dunia 2022 akan bergulir kurang lebih 4 bulan lagi. Menjelang bergulirnya pagelaran akbar sepakbola dunia itu, federasi sepakbola dunia FIFA melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya adalah mengumumkan penggunaan teknologi offside semi otomatis pada Piala Dunia di Qatar nanti.

FIFA menjelaskan bahwa penggunaan teknologi offside semi otomatis adalah alat pendukung yang memudahkan wasit dan asisten wasit yang untuk membuat keputusan yang lebih cepat, tepat, dan juga lebih dapat direproduksi.

Sebagaimana yang Hops.ID lansir dari 90min pada Sabtu, 2 Juli 2022, petinggi FIFA juga menjelaskan bahwa teknologi offside semi otomatis akan menggunakan 12 kamera pelacak khusus.

Kamera tersebut akan dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari setiap pemain individu.

Baca Juga: Riwayat pendidikan Mayang dibongkar sosok misterius, sebut anak Doddy Sudrajat pernah tak naik kelas

“Teknologi baru ini menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari setiap pemain individu, 50 kali per detik, menghitung posisi pasti mereka di lapangan," jelas FIFA.

"29 titik data yang dikumpulkan mencakup semua anggota badan dan ekstremitas yang relevan untuk melakukan panggilan offside," kata petinggi FIFA.

Sebuah sensor di dalam bola pertandingan dan kombinasi data pelacakan kaki dan bola, dengan bantuan kecerdasan buatan akan mengirimkan peringatan offside otomatis ke ofisial pertandingan di ruang video setiap kali bola diterima oleh pemain penyerang dalam posisi offside.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: 90min

Tags

Artikel Terkait

Terkini